Selasa, 14 Jul 2020 08:21 WIB

Bahan Bakar MotoGP Ternyata Setara Pertamax Turbo

Doni Wahyudi - detikOto
Petronas Yamaha SRTs French rider Fabio Quartararo (C) returns to the pit lane during the first day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 7, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) MotoGP ternyata memakai bahan bakar dengan nilai oktan setara Pertamax Turbo (Mohd RASFAN / AFP)
Jakarta -

Penasaran bahan bakar jenis apa yang dipakai tim-tim MotoGP untuk menggeber motornya sampai ratusan km per jam? Dari spesifikasi yang diberikan Dorna Sports, ternyata bahan bakar MotoGP setara Pertamax Turbo.

Sebagaimana bagian-bagian lain dalam balapan MotoGP, penggunaan bahan bakar juga diatur dengan detil dan tegas oleh Dorna. Pada kelas MotoGP Dorna membebaskan setiap tim memilih suplier bahan bakar, namun semua harus sesuai dengan ketentuan FIM dan dites beberapa hari sebelum dipakai pada raceday.

Satu hal yang pasti, bahan bakar MotoGP wajib bebas timbal. FIM dan Dorna ternyata tidak menuntut digunakan bahan bakar dengan nilai oktan (RON) tinggi untuk dipakai setiap tim. Hanya saja, ditetapkan kalau kisaran RON-nya berada di angka 95 sampai 102.

Itu artinya, BBM setara Pertamax Turbo (RON 98) bisa dipakai untuk balapan MotoGP. Tapi....ada syarat dan kebutuhan lain yang harus dipenuhi untuk sebuah bahan bakar dipakai tim-tim MotoGP.

Misalnya, bahan bakar yang dipakai harus lulus standarisasi ISO 5164. Selain itu Dorna dan FIM juga memberi batasan jumlah sulfur, oksigen, nitrogen, titik didih, jumlah residu, stabilitas oksidasi dan beragam atribut lainnya untuk setiap bahan bakar yang dipakai.

Kapan Motor MotoGP Isi Bahan Bakar?

Well, soal pengisian bahan bakar MotoGP juga kena aturan ketat. Dorna melarang seluruh tim mengisi bahan bakar seenaknya. Pengisian tanki bahan bakar hanya boleh dilakukan sebelum balapan dimulai, itupun bahan bakarnya harus sudah lolos pemeriksaan oleh tim teknis.

Setiap tim juga tidak diizinkan menambah atau mengurangi bahan bakar selama balapan.

Dorna juga membatasi jumlah bahan bakar yang boleh dibawa masing-masing motor pada setiap balapan. Pada kelas MotoGP angkanya dibatasi hanya 22 liter.

Terkait tanki bahan bakar wajib menggunakan material anti bocor/rembes. Ini untuk memastikan bahan bakar masih berada dalam tempatnya bahkan saat motor mengalami crash dalam kecepatan tinggi.

Juga untuk alasan keamanan dan keselamatan, handlebar motor juga wajib berjarak minimal 30 mm dengan tanki saat dalam posisi berbelok penuh.

Merek Bahan Bakar yang Dipakai Tim MotoGP

Dorna dan FIM membebaskan setiap tim memilih suplier bahan bakar yang akan mereka gunakan. Repsol Honda memakai bahan bakar Repsol, sementara Ducati sudah sejak awal terjun di MotoGP memakai Shell.

Untuk kelas Moto2 dan Moto3 semua tim menggunakan satu merek. Mulai tahun 2020 ini Petronas menjadi penyedia tunggal bahan bakar dua kelas tersebut.

======

detikOto akan menayangkan live streaming MotoGP mulai akhir pekan ini. Balapan pertama musim 2020 akan dilangsungkan di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7) pukul 19.00 WIB.



Simak Video "Marc Marquez Betah di Honda, Nggak Kepikiran Pindah"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com