Jumat, 10 Jul 2020 20:33 WIB

Jadwal MotoGP 2020: Start di Tengah Tahun dan Balapan Tanpa Penonton

Tim Detikcom - detikOto
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 30: Fabio Quartararo of France and Petronas Yamaha SRT leads the field during the MotoGP race during the MotoGP Netherlands - Race on June 30, 2019 in Assen, Netherlands. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP akhirnya akan dimulai pekan depan. Jadwal balapannya sudah dirilis Dorna sejak bulan lalu (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

MotoGP akan mencatat sejarah baru di musim ini saat seri pertama 2020 baru digelar di tengah tahun. Jadwal MotoGP 2020 yang sudah kacau masih ditambah dengan race tanpa penonton.

Tepat hari ini sepekan ke depan, deru kencang mesin MotoGP akan kembali terdengar. Tujuh hari ke depan, di Sirkuit Jerez bakal dilangsungkan free practice pertama MotoGP.

Setelah tertunda tiga bulan lamanya, balapan MotoGP 2020 akhirnya akan digelar pekan depan, Minggu (19/6) di Sirkuit Jerez. Harusnya, event yang dianggap sebagai rajanya balapan motor ini sudah mentas sejak awal Maret lalu. Tapi jadwal MotoGP kemudian malah jadi berantakan.

Pandemi virus corona mengacaukan segalanya. Spanyol dan Italia yang menjadi penyumbang pebalap dan tim terbesar di seluruh kelas malah jadi negara yang dihantam paling keras. Mau tak mau tindakan tegas harus diambil, baik oleh Dorna, tim, sampai negara-negara yang menjadi tuan rumah balapan.

Akhirnya satu per satu balapan ditunda, sampai akhirnya berguguran karena dibatalkan. MotoGP yang sempat dihadapkan pada kondisi tidak pasti, akhirnya menemui titik terang. Dorna pada tengah Juni mengumumkan kalau balapan akan digelar. Mereka merilis jadwal MotoGP 2020.

Jadilah MotoGP digelar dengan segala keterbatasan. Dorna mengumumkan ada 13 seri yang dilangsungkan di delapan sirkuit - yang semuanya ada di Eropa. Benar, ada lintasan yang akan menggelar race sampai dua kali. Termasuk Jerez yang akan menggelar dua balapan perdana sekalgus.

Dorna masih berharap beberapa seri di luar Eropa masih bisa digelar. Namun peluang itu tipis. Belakangan MotoGP Amerika Serikat yang rencananya dilangsungkan November memastikan mundur.

MotoGP 2020 sudah terasa sangat berbeda setelah apa yang terjadi dalam tiga bulan terakhir ini. Sayangnya, situasi tersebut diprediksi masih akan bertahan bahkan sampai musim depan.

Dorna juga sudah memastikan kalau seluruh balapan yang dilangsungkan musim ini akan digelar tanpa penonton. Tak cukup sampai di situ, Dorna juga melakukan pembatasan jumlah orang di paddock. Semua dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan banyak orang yang terlibat dalam event ini.

Jadwal MotoGP 2020

19 Juli - Spanyol (Jerez)
26 Juli - Andalusia (Jerez)
9 Agustus - Republik Ceko
16 Agustus - Austria (Spielberg)
23 Agustus - Styria (Spielberg)
13 September - San Marino (Misano)
20 September - Emilia Romagna (Misano)
27 September - Catalunya
11 Oktober - Prancis
18 Oktober - Aragon
25 Oktober - Aragon (Teruel)
8 November - Eropa (Valencia)
15 November - Valencia



Simak Video "Repsol Honda Bisa Apa Tanpa Marc Marquez?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com