Minggu, 17 Mei 2020 02:07 WIB

Bukan Honda atau Yamaha, Ini Motor Pertama yang Bawa Valentino Rossi Juara

Luthfi Anshori - detikOto
Valentino Rossi membalap dengan Cagiva Mito Valentino Rossi membesut Cagiva Mito 125.(Foto: Pandu Laju)
Jakarta -

Valentino Rossi masih aktif membalap di usianya yang menginjak 41 tahun. Rossi dikenal sebagai pebalap motor legendaris, yang pernah menggunakan Honda, Yamaha, dan Ducati. Tapi tahukah Anda, jika Rossi memenangi kompetisi balap pertamanya menggunakan motor di luar ketiga merek tersebut?

Mengutip dari berbagai sumber, Rossi memenangkan kejuaraan pertama dalam karier balapnya dengan menggunakan Cagiva Mito. Pada tahun 1993, Rossi membesut Cagiva Mito 125 cc untuk mengikuti ajang Italian Sport Production Championship. Setahun berselang, Rossi yang saat itu masih berusia belasan tahun berhasil memenangi kejuaraan tersebut.

Sebagai informasi, Cagiva Mito merupakan salah satu merek entry level sportbike yang dikeluarkan pabrikan Italia saat itu. Motor ini menggendong mesin 125 cc 2-tak yang bisa mengeluarkan tenaga puncak hingga lebih dari 30 dk. Cagiva Mito 125 bersaing ketat dengan Aprilia RS125 pada dekade 1990-an.

Selain menggunakan Cagiva Mito sebagai motor pertama yang mebawanya juara, pebalap berjuluk The Doctor saat itu juga masih menggunakan nomor balap 26, bukan 46 seperti yang ia sandang saat ini.

Setelah menggunakan Cagiva, Rossi kemudian sering berpindah ke sejumlah pabrikan, seperti Aprilia, Honda, Yamaha, Ducati, dan kembali lagi ke Yamaha.

Saat ini Rossi sedang menjalani musim terakhirnya sebagai pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP. Pada musim balap 2021, posisi Rossi bakal digantikan oleh Fabio Quartararo yang merapat dari tim Petronas Yamaha SRT.

Rossi sendiri menolak pensiun dan gencar diisukan bakal mengisi slot pembalap di Petronas Yamaha SRT. Tapi sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Petronas Yamaha SRT soal kesepakatan tersebut.

Performa Rossi dalam beberapa tahun terakhir memang kurang menggembirakan. Terakhir kali Rossi memenangi balapan di seri MotoGP Belanda 2017. Setelah itu, Rossi puasa kemenangan dalam 46 balapan.



Simak Video "Bahagianya Valentino Rossi Naik Podium MotoGP Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com