Kamis, 14 Mei 2020 16:44 WIB

Pupus! Jorge Lorenzo Batal Comeback di MotoGP 2020

Doni Wahyudi - detikOto
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 08: Jorge Lorenzo of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  looks on in pit during the MotoGP Pre-Season Tests at Sepang Circuit on February 08, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Jorge Lorenzo batal comeback di MotoGP (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Harapan Jorge Lorenzo untuk kembali membalap di ajang MotoGP 2020 dipastikan pupus. Pintu comeback Lorenzo ditutup rapat oleh MSMA.

Lorenzo, yang di akhir musim lalu menyatakan pensiun dari MotoGP, sudah dijadwalkan akan melakukan comeback sebagai pebalap wild card. Pemilik lima gelar juara dunia itu pada awalnya direncanakan akan menggeber motor di atas lintasan pada MotoGP Katalunya.

Terlepas dari nasib balapan MotoGP yang sampai kini belum jelas, Jorge Lorenzo kini dipastikan tak akan jadi comeback. Itu terjadi setelah MSMA (Asosiasi Pabrikan Motor Balap) mengeluarkan aturan baru.



Dalam aturan itu disebutkan kalau untuk musim 2020 grid MotoGP hanya akan diisi oleh pebalap reguler masing-masing tim. Sementara yang berstatus pebalap wild card, seperti Lorenzo, dilarang berpartisipasi.

Ini dilakukan untuk mengurangi jumlah orang yang berada di paddock saat balapan digelar nanti. Mengurangi jumlah orang diharapkan bisa menekan potensi penyebaran virus corona.

Bukan Lorenzo saja yang harus mengubur garapan ngebut di atas lintasan naik motor MotoGP. Beberapa pebalap wild card lain harus mengalami nasib setrupa. Mereka adalah Michele Piro (Ducati), Stefan Bradl (Honda), Sylvain Guintoli (Suzuki), Dani Pedrosa (KTM), Bradley Smith dan Lorenzo Savadori (Aprilia).



"Ini bukan kabar baik. Teorinya, saya bisa menjalani tiga balapan, sesuai kontrak. Dua di Italia dan satu di Valencia. Itu seharusnya memungkinkan, tapi kemudian keputusan ini muncul" kata Piro kecewa dikutip dari GPOne.

Dari lima gelar juara dunia yang dipunya Lorenzo, tiga di antaranya dia dapat pada kelas MotoGP. Semua dia raih saat menunggangi Yamaha di tahun 2010, 2012, dan 2015.

Namun kariernya merosot tajam sejak pindah ke Ducati pada 2017. Sempat diyakini akan bisa bangkit ketika dikontrak Repsol Honda, Lorenzo malah makin tenggelam di musim 2019 akibat serangkaian cedera yang dia alami.



Simak Video "GP Virtual Inggris: Debut Mengesankan Lorenzo, Langsung Juara"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com