Rabu, 11 Mar 2020 11:36 WIB

Penyelenggaraan di Jakarta Ditunda, Ini Pernyataan Formula E

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BERLIN, GERMANY - MAY 25: In this handout from FIA Formula E -  Alexander Sims (GBR) BMW I Andretti Motorsports, BMW iFE.18 at Tempelhof Airport on May 25, 2019 in Berlin, Germany. (Photo by FIA Formula E/Handout/Getty Images) Balapan mobil listrik Formula E. Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta resmi ditunda. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Formula E ditunda demi mencegah penyebaran virus corona.

Pihak Formula E angkat suara soal pengunduran penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

"Seperti yang diinstruksikan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan--dan dalam konsultasi bersama dengan Formula E, FIA, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Organising Committee (OC) Jakarta E-Prix--tidak akan mungkin menggelar balapan di Jakarta pada tanggal 6 Juni 2020 yang dijadwalkan," tulis Formula E dalam pernyataannya.

Formula E mengatakan akan terus memantau situasi dengan seksama bersama otoritas terkait dan panitia Jakarta E-Prix untuk kemungkinan penjadwalan ulang balapan Formula E Jakarta.

"Dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di negara-negara di mana Formula E akan diadakan, kami sedang mengevaluasi rencana darurat untuk mengurangi dampak potensial dari virus corona dan berusaha mempertahankan jumlah balapan terbanyak di kalender musim keenam," kata Co-Founder Formula E Alberto Longo dalam pernyataan resminya.

"Ini adalah situasi yang berubah-ubah, berkembang setiap hari dan kami tetap realistis dan fleksibel dalam pendekatan kami terhadap opsi-opsi alternatif, yang akan dikomunikasikan pada waktunya.

Longo menyebut, ada beberapa opsi untuk tetap menyelenggarakan balapan Formula E sesuai jumlah seri yang dijadwalkan. Misalnya dengan menggelar dua seri balapan di lokasi yang sama, menggunakan sirkuit permanen, hingga balapan di lokasi tertutup.

[Gambas:Instagram]



Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta ditunda. Penundaan Formula E ini menyusul merebaknya kasus virus corona Covid-19.

Permintaan penundaan Formula E tertulis dalam surat Nomor 117/-1.857.73 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix tanggal 9 Maret 2020.

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di DKI Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," demikianlah bunyi surat tersebut seperti yang diterima detikcom, Rabu (11/3/2020).



Simak Video "Pakai Joki di Formula E Virtual, Pembalap Audi Diputus Kontrak"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com