Rabu, 11 Mar 2020 09:02 WIB

Anies Minta Formula E Ditunda karena Corona

Arief Ikhsanudin - detikOto
FIA Formula E resmi digelar di Jakarta 2020 mendatang Formula E yang dijadwalkan 6 Juni 2020 di Jakarta diminta ditunda. Foto: FIA Formula E
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta ditunda. Penundaan Formula E ini menyusul merebaknya kasus virus corona Covid-19.

Permintaan penundaan Formula E tertulis dalam surat Nomor 117/-1.857.73 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix tanggal 9 Maret 2020.

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di DKI Jakarta, maka peyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," demikianlah bunyi surat tersebut seperti dikutip detikNews, Rabu (11/3/2020).

Sebelumnya, ajang balap Formula E juga dibatalkan di dua negara. Pertama adalah gelaran Formula E di kota Sanya, China, yang dijadwalkan 21 Maret. Penyelenggaraan Formula E di China diundur karena virus corona. Namun, penyelenggara Formula E akan mencari jadwal penggantinya. Pihak penyelenggara mengatakan akan terus bekerja dengan mitra regional dan pemerintah setempat untuk mempelajari kelayakan tanggal alternatif yang potensial jika situasinya membaik.

Sementara itu, pihak Formula E dalam keterangan di situs resminya (6/3/2020), juga telah mengumumkan pembatalan seri Formula E di Italia (E-Prix Roma 2020).

"Sebagai konsekuensi keadaan darurat kesehatan yang sedang berlangsung di Italia dan sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam keputusan menteri mengenai langkah-langkah untuk melawan dan menahan penyebaran COVID-19 di negara tersebut - yang mencakup acara olahraga dengan kerumunan besar dan penonton dalam jarak dekat - tidak mungkin lagi menggelar E-Prix Roma pada 4 April 2020," tulis pernyataan resmi Formula E.

Sama seperti kasus pembatalan di China, pihak penyelenggara juga bakal mempelajari kelayakan tanggal alternatif supaya Formula E Italia tetap bisa digelar.

Sedangkan untuk Formula E seri Jakarta belum ada pernyataan resmi dari pihak Formula E. Namun, Anies Baswedan meminta Formula E Jakarta yang dijadwalkan digelar pada 6 Juni 2020 diundur.



Simak Video " Formula E Jakarta Jadinya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com