Selasa, 03 Mar 2020 10:09 WIB

MotoGP sampai Formula E, Balapan yang Batal Digelar karena Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
DOHA, QATAR - MARCH 10: The MotoGP riders start from the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar - Race at Losail Circuit on March 10, 2019 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Kelas MotoGP batal digelar di Qatar karena virus corona. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Wabah virus corona membawa efek domino. Beberapa ajang balapan terpaksa dibatalkan atau diundur penyelenggaraannya.

Tak cuma MotoGP Qatar, ada beberapa ajang balapan lainnya yang dibatalkan karena merebaknya virus corona. MotoGP Thailand pun pada akhirnya ditunda.

Penyebaran virus corona Covid-19 berdampak signifikan pada acara olahraga otomotif, termasuk berdampak pada jadwal Formula 1 dan MotoGP. Bahkan, balapan mobil listrik Formula E juga ada yang dibatalkan.

Ini beberapa balapan yang ditunda sejauh ini karena isu virus corona, sebagaimana dikutip Crash.

1. MotoGP Qatar

MotoGP Qatar dibatalkan. Tapi kelas Moto2 dan Moto3 tetap digelar. MotoGP Qatar dibatalkan. Tapi kelas Moto2 dan Moto3 tetap digelar. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Dorna Sports mengumumkan pembatalan balapan kelas MotoGP Qatar. Rencananya, MotoGP Qatar akan digelar akhir pekan ini, tapi karena mewabahnya virus corona di dunia, kelas MotoGP Qatar dibatalkan.

Hanya kelas MotoGP yang tidak digelar di Qatar akhir pekan ini. Sementara kelas Moto3 dan Moto2 tetap bisa balapan di Qatar.

2. MotoGP Thailand

Senin kemarin, pemerintah Thailand mengumumkan rencana pengunduran jadwal MotoGP di negaranya. Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP resmi mmengonfirmasi mundurnya jadwal MotoGP Thailand.

Awalnya, Thailand Gran Prix dijadwalkan digelar pada putaran kedua MotoGP musim 2020 pada 22 Maret mendatang. Sementara tanggal pengganti jadwal MotoGP Thailand belum resmi diumumkan, tapi kemungkinan akan digelar pada Oktober ketika MotoGP menyambangi beberapa negara di Asia.



3. Suzuka Super Formula

Ajang balapan Suzuka Super Formula yang rencananya digelar 5 April mendatang harus ditunda. Tes pramusim yang dijadwalkan pada 9-10 Maret pun dibatalkan.

4. Formula 1 China

Formula 1 turut merombak kalender musim 2020. Gran Prix China yang dijadwalkan pada 19 April 2020 diundur karena merebaknya corona Covid-10. Diharapkan Formula 1 China bisa dijadwalkan ulang.

Kemungkinan, Formula 1 China akan diadakan sebelum akhir musim di Abu Dhabi dan setelah Gran Prix Brasil pada 22 November.

5. Formula E China

Formula E juga membatalkan balapan mobil listrik di China. Balapan mobil listrik yang rencananya digelar di kota Sanya, China pada 21 Maret itu dibatalkan karena virus corona. Namun, penyelenggara Formula E akan mencari jadwal penggantinya.

Pihak penyelenggara mengatakan akan terus bekerja dengan mitra regional dan pemerintah setempat untuk mempelajari kelayakan tanggal alternatif yang potensial jika situasinya membaik.



Simak Video "Update Positif Covid-19 RI Per 9 Agustus: 125.396 Positif, 80.952 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com