Rabu, 12 Feb 2020 06:20 WIB

Ini Dia! Desain Sirkuit Formula E Jakarta

Doni Wahyudi - detikOto
Desain Sirkuit Formula E Jakarta Layout desain Sirkuit Formula E yang diajukan Anies Baswedan (ist.)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara resmi sudah mengajukan desain lintasan Formula E. Melewati bagian dalam Monas, seperti inilah layout-nya.

Anies mengajukan rancangan sirkuit Formula E melalui surat yang dia tandatangani dan ditujukan pada Menteri Sekretaris Negara. Meski sempat jadi perdebatan, sirkuit adu balap mobil listrik itu pada akhirnya tetap melewati area Monumen Nasional (Monas).

Layout sirkuit Formula E Jakarta bisa disimak sebagai berikut:

Layout sirkuit Formula E Jakarta, lintasan berwarna merah Layout sirkuit Formula E Jakarta, lintasan berwarna merah Foto: ist.



Berpatokan pada peta tersebut, terlihat sirkuit menggunakan trek lurus panjang di Jalan Merdeka Selatan. Lalu berbelok ke kanan masuk area silang Monas dekat patung Arjuna Wijaya. Di area silang monas sepertinya akan dilakukan modifikasi trek sehingga mobil Formula E bisa berputar balik di dalamnya.

Dari sisi selatan silang monas, mobil diarahkan ke luar kembali ke Merdeka Selatan.

Meski belum ada keterangan resmi, garis start/finis sepertinya terletak tepat di tepi Monumen Nasional. Pada sisi tersebut sudah disiapkan Presidentsial Suite, yang umum dipakai untuk menjamu tamu-tamu VVIP.



Terlihat juga lintasan bercabang pada sisi tersebut. Ini biasanya digunakan sebagai pit lane dan pit stop, yang artinya titik start/finis juga ada di sana.

Sebelumnya, rencana menggelar Formula E di sekitar Monas menjadi kontroversi. Sebabnya, Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) tidak menyetujui rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar Formula E di kawasan Monas.



Simak Video "Aspal Untuk Sirkuit Formula-E Diuji Coba di Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com