Senin, 25 Nov 2019 07:33 WIB

Laporan dari Shanghai

Mengintip Proses Pergantian Ban untuk Balapan

Ridwan Arifin - detikOto
Mekaink mengganti ban mobil Rio Haryanto cs di Asian Le Mans. Foto: Ridwan Arifin
Shanghai - Tidak hanya kecepatan di lintasan yang jadi penentu kemenangan. Berbicara kecepatan, para mekanik paddock dari tim balap tidak bisa terpisahkan.

Seperti yang terjadi di paddock tim T2 Motorsports dalam ajang Asian Le Mans Series di Sirkuit Internasional Shanghai, China. Balapan ini berjalan selama 4 jam. Hanya satu unit mobil yang digunakan saat kompetisi dan tidak ada mobil pengganti.



Pebalap bisa kapan saja masuk pit stop untuk mengganti komponen mobil termasuk ganti ban, body repair, dan isi bahan bakar. Soal jumlah mekaniknya, pit stop Asian Le Mans di T2 Motorsports bisa diisi sampai 7 orang untuk memperbaiki kerusakan mobil.

Mengintip Proses Pergantian Ban untuk BalapanFoto: Ridwan Arifin


Untuk proses ganti ban saja tidak sembarang. Kebetulan detikcom sempat menyaksikan bagaimana proses pergantian ban terjadi.



Sebelum ban digunakan untuk membalap, Luca salah satu penggawa AF Course menyebut ban mobil yang akan dipakai harus dipanaskan ke dalam box pemanas selama rentang waktu antara satu hingga dua jam jika memang kondisi harus disesuaikan.

"Suhunya bisa untuk menyeduh kopi, untuk racing slick membutuhkan waktu yang lebih lama," ujar Luca saat ditemui detikcom yang sedang menyeruput kopi di Shanghai, China, Minggu (24/11/2019).

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com