Sabtu, 05 Okt 2019 12:29 WIB

Segini Biaya Kalau Motor Marquez Rusak

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: dok. Instagram Marc Marquez Foto: dok. Instagram Marc Marquez
Jakarta - Marc Marquez mengalami kecelakaan di free practice I MotoGP Buriram, Thailand. Motornya sampai jumpalitan dan terlihat rusak parah.

Usai kecelakaan itu motor RC-213V yang dikendarai Marquez rusak berat. Bahkan motor Honda milik Marquez itu terbelah di bagian belakang dengan roda belakang sudah terlepas.



MotoGP dikenal dengan ajang balap yang mahal, tentu jika motor rusak berat perlu mengocek uang lebih dalam. Dalam laman Box Repsol disebutkan biaya reparasi yang keluar saat motor rusak.

Tabrakan ringan ketika sepeda diseret pada salah satu sisinya selama beberapa meter biasanya menghabiskan biaya antara € 15.000 (sekitar Rp 232 juta) hingha € 20.000 (Rp 310 juta). Biaya tersebut untuk memperbaiki penutup, pijakan kaki, tuas, rem belakang, atau elemen lain yang mungkin rusak.

Sedangkan bila terjadi kecelakaan keras hingga sepeda motor terbalik dapat berarti biaya € 100.000 (lebih dari Rp 1,5 miliar) untuk memperbaiki ban, rem cakram, suspensi, radiator, dan sensor.



Namun bila kerusakan pada lengan ayun, sasis, elektronik internal, tangki bahan bakar, atau mesin, perbaikan dapat dengan mudah naik hingga setengah juta euro (lebih dari Rp 7,7 miliar).

Beruntung Marquez masih tersadar usai kecelakaan. Pebalap yang berjuluk the Baby Aliens ini mempunyai kesempatan besar untuk mengunci gelar juara dunia 2019 andai menjuarai MotoGP Thailand akhir pekan ini. Di klasemen pebalap, Marquez sudah mengumpulkan 300 poin, unggul 98 angka dari Andrea Dovizioso yang ada di posisi kedua.

Simak Video "Video Marquez Menggila di MotoGP Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com