Minggu, 29 Sep 2019 18:07 WIB

Balapan di Shanghai, Rio Haryanto-David Tjipto Raih Lima Besar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dok. T2 Motorsports Foto: Dok. T2 Motorsports
Jakarta - Ajang balap Blancpain GT World Challenge Asia telah resmi berakhir. Tim T2 Motorsports yang menurunkan Rio Haryanto dan David Tjipto ini berhasil finish di posisi kelima di Blancpain GT World Challenge Asia kelas GT3 Pro Am race kedua di Shanghai International Circuit, Minggu (29/9/2019).

Blancpain GT World Challenge Asia di Shanghai International Circuit merupakan seri terakhir dari rangkaian balapan tersebut. Blancpain GT World Challenge Asia mengadu kecepatan mobil-mobil balap terbaik yang terdiri dari 6 putaran dengan 12 race.



Tim T2 Motorsports dengan pebalap Rio Haryanto dan David Tjipto yang mengandalkan Ferrari 488 GT3 ini telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan oleh organisasi SRO (St├ęphane Ratel Organisation) ini.

Ajang balap berdurasi 60 menit di Shanghai yang merupakan putaran terakhir Blancpain GT World Challenge Asia 2019 kali ini diisi oleh Rio Haryanto sebagai driver pertama. Rio berhasil menempati posisi ke-11 di grid. Sempat kejar-kejaran dengan 28 mobil lainnya, posisi Rio naik-turun.

"Traffic mobil kali ini lebih padat dibanding race sebelumnya yang hanya berjumlah 23 mobil. Balapan jadi semakin ketat dan saya sempat susul-menyusul pebalap lainnya," ujar Rio Haryanto.

Rio sempat turun 2 posisi sesaat sebelum pergantian driver dengan rekannya, David Tjipto. Memulai balap pada posisi ke-9 di kelasnya, David Tjipto menyusul para kompetitor secara bertahap.

Pada lap ke-18 David mampu mengembalikan tim T2 Motorsports ke posisi semula dan membawa posisi T2 kian menanjak pada lap ke-20. Hingga akhirnya, David berhasil membawa timnya finis di posisi kelima di kelas GT3 Pro AM.



Berakhir dengan posisi lima besar, David Tjipto mengaku ajang balap Blancpain ini menjadi modal yang sangat menguntungkan bagi dirinya untuk mengikuti ajang Asian LeMans Series yang akan dimulai pada 22 November 2019 mendatang.

"Meskipun kami tidak mendapatkan poin yang cukup untuk meraih posisi tiga besar secara keseluruhan di ajang ini, tapi kami tetap senang karena kami belajar dan berkembang. Rio mendapat pengalaman baru di ajang balap GT dan saya juga mendapat banyak masukan dari Rio yang sangat berguna untuk improvement saya nantinya. Semoga kedepannya modal ilmu ini dapat mengantar kami memenangkan ajang Asian LeMans nanti," kata David.

Untuk selanjutnya, T2 Motorsports akan berlaga di Asian LeMans Series. Adapun jadwal pertandingan Asian LeMans Series 2019/2020 adalah:

- 22-24 November 2019: Shanghai International Circuit, China
- 10-12 Januari 2020: The Bend, Australia
- 14-15 Februari 2020: Sepang International Circuit
- 21-23 Februari 2020: Buriram Chang International Circuit, Thailand.

Simak Video "Rio Haryanto-David Tjipto Finis Keenam di Race Kedua "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com