Senin, 23 Sep 2019 16:01 WIB

Rossi Finish ke-8 MotoGP Aragon, Bukan karena Swingarm Karbon

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Valentino Rossi kembali menuai hasil buruk di seri MotoGP Aragon. Pebalap Yamaha Factory Racing itu harus puas finis di urutan delapan MotoGP Aragon. Rossi tertinggal dari pebalap Yamaha lainnya, dengan Vinales berjarak sekitar 16 detik, dengan Quartararo terpaut 13 detik.

Melansir dari crash.net, performa buruk Rossi karena sektor ban belakang yang tidak mencapai grip terbaik.



"Quartararo dan Maverick punya beberapa masalah pada akhir lomba tapi saya mengalami penurunan besar dari ban belakang setelah 5-6 lap. Saya harus melambat dan kecepatan saya sangat buruk," kata Rossi.

Rossi sendiri sebenarnya memilih jenis ban yang sama dengan yang digunakan pebalap Yamaha lainnya. Vinales dan Quartararo menggunakan ban belakang dengan kompon hard.

Jika kompon ban yang digunakan di ban belakang Yamaha YZR-M1 Rossi sama dengan Vinales dan Quartararo, lantas mengapa motor Rossi mengalami kendala di sektor daya cengkeram ketika awal-awal lomba. Apakah ada kaitan dengan penggunaan knalpot baru dan swingarm serat karbon yang digunakan?



"Motor saya sudah kurang memiliki cengkeraman dari seri GP Austria atau dari Silverstone. Jadi bagi saya, tidak (karena swingarm dan knalpot karbon)," jawab Rossi.

"Ini sesuatu yang lain, karena saya kurang memiliki grip belakang terutama di bagian tepi. Saya sering tergelincir, dan ketika Anda meluncur di tepi Anda merusak lebih banyak ban. Kita perlu temukan solusi untuk ini," terang Rossi.

Seperti diketahui, pebalap berjuluk the doctor itu telah menjajal komponen swingarm atau lengan ayun dengan material serat karbon sejak akhir Agustus lalu.

Saat itu, Rossi menjajal Yamaha YZR-M1 versi 2020 di sirkuit Misano, Italia. Tak hanya swingarm karbon, Rossi juga menjajal komponen karbon lainnya, seperti cover rem cakram depan dan pipa knalpot baru.

Simak Video "Kebersamaan Rossi dan Yamaha di MotoGP Segera Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com