Senin, 15 Jul 2019 11:58 WIB

Mobil Listrik di Formula E Bakal Kebut-kebutan di Jalanan Jakarta

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky Foto: Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky
Jakarta - Warga Jakarta bisa menonton langsung kejuaraan balap mobil listrik dunia Formula E mulai tahun depan. Hal itu bisa terwujud karena Jakarta sudah ditetapkan menjadi tuan rumah balap Formula E seperti dituturkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun instagram pribadinya.

"InsyaAllah Jakarta akan menjadi tuan rumah untuk seri kejuaraan #FormulaE musim berikutnya, di tahun 2020. Ini akan menjadi Kejuaraan E-Prix pertama di Indonesia," tulis Anies di akun Instagramnya.


Formula E merupakan balap mobil single-seater menyerupai Formula 1, namun menggunakan mesin bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Balapan Formula E terbilang masih muda, dengan musim pertamanya digelar pada 2014/2015 silam. Tujuan balapan mobil listrik ini adalah memperkenalkan mobil listrik dan mengurangi emisi karbon melalui balapan yang serupa F1 dan dilakukan di jalur jalanan dalam kota.

Banyak pabrikan yang meramaikan ajang Formula E. Tercatat ada BMW, Nissan, Audi, DS Automobiles, Envision, Mahindra, Jaguar, Venturi, NIO, HWA AG, juga Geox Dragon.

Mobil Formula E generasi terbaru bisa melaju hingga 280 km/jam. Sejumlah mantan pebalap Formula 1 turun di ajang ini, sebut saja Felipe Massa, Pascal Wehrlein, Stoffel Vandoorne, Sebastian Buemi, atau Jean-Eric Vergne.



Musim 2018-2019 lalu ada 13 seri yang digelar. Di Asia tercatat ada tiga negara yang menjadi tuan rumah, yakni Arab Saudi, Hong Kong, dan China. Vergne merupakan juara dunia musim lalu dan berpeluang besar mempertahankan titel musim ini.

Ditunjuknya Jakarta sebagai tuan rumah Formula E menambah panjang daftar ajang balap otomotif dunia yang sudah dan akan digelar di Indonesia. Sebelumnya Indonesia telah menggelar MXGP dan bakal jadi tuan rumah MotoGP mulai 2021.

[Gambas:Instagram]

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed