Senin, 01 Jul 2019 16:38 WIB

Helm dan Baju Pebalap yang Ditabrak Rossi, Harga Mahal Terbayar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Valentino Rossi saat terjatuh. Foto: Mirco Lazzari/Getty Images Valentino Rossi saat terjatuh. Foto: Mirco Lazzari/Getty Images
Assen - Pebalap tim LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami, harus mengakhiri balapannya di MotoGP Belanda yang berlangsung di sirkuit TT Assen setelah terjatuh ditabrak Valentino Rossi. Kecelakaan yang melibatkan Nakagami dan Rossi itu terbilang parah.

Kecelakaan terjadi saat Rossi mencoba menyalip Nakagami di tikungan ke-8. Namun pebalap asal Italia itu terjatuh dan pada prosesnya membuat Nakagami juga jatuh. Kedua pebalap meluncur ke gravel dengan kecepatan tinggi.



Akibat kecelakaan itu, Nakagami bahkan harus menjalani pemeriksaan medis. Beruntung, baik Rossi maupun Nakagami tak mengalami cedera serius. Mengutip Speedweek, Nakagami merasa beruntung diselamatkan oleh helm dan baju balap.

[Gambas:Instagram]



"Untungnya! Saya tidak ingat persis apa yang terjadi. Tapi saya berterima kasih kepada produsen helm dan kulit (baju balap pelingung) saya bahwa tidak ada yang lebih buruk telah terjadi. Saya tidak tahu berapa banyak waktu yang saya butuhkan untuk pulih, tapi saya menantikan balapan di Sachsenring, (Jerman)," kata Nakagami.

Perlengkapan keselamatan berkendara yang dipakai di MotoGP hingga Nakagami merasa diselamatkannya tersebut terbilang cukup mahal dari segi harga. Namun, harga yang mahal itu terbayar lunas untuk menyelamatkan rider yang memacu motor sampai kecepatan tinggi di lintasan balap.


Misalnya, Nakagami menggunakan helm Arai RX-7X. Dilihat dari laman resmi Arai di Jepang, Arai RX-7X Nakagami dibanderol 61.000 yen atau sekitar Rp 8 jutaan. Di Indonesia, helm Arai RX-7X harganya berkisar Rp 8 jutaan sampai lebih dari Rp 10 juta. Harga mahal itu seakan sepadan untuk melindungi kepala rider.

Nakagami juga berterima kasih kepada baju kulit kostum balapnya. Baju balap yang dikenakan Nakagami adalah Alpinestars. Nakagami mengenakan baju balap, airbag, sepatu, sampai sarung tangan Alpinestars.

Mengutip laman resmi Alpinestars, baju balap GP Tech V2 Leather Suit Tech-Air yang Nakagami bilang telah menyelamatkannya itu dibanderol USD 1.999,95 atau Rp 28 jutaan. Belum lagi ditambah airbag Tec-Air Race Airbag System Alpinestars yang harganya USD 1.149,95 atau Rp 16,2 jutaan.

Untuk sepatu balap Alpinestars Supertech R Boot yang dipakai Nakagami dibanderol USD 499.95 (Rp 7 jutaan). Sementara sarung tangan Super Tech Glove harganya USD 399,95 (Rp 5,6 jutaan). (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed