ADVERTISEMENT
Selasa, 04 Jun 2019 14:21 WIB

Usai MotoGP Italia, Dovizioso Gaspol Pakai Mobil Balap Audi

Luthfi Anshori - detikOto
Dovizioso dan mobil balap DTM Audi. Foto: Audi Dovizioso dan mobil balap DTM Audi. Foto: Audi
Misano - Sukses meraih podium ketiga di seri balap MotoGP Italia (2/6/2019) tidak berarti membuat pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, santai-santai sejenak di minggu ini. Dovizioso sudah bersiap dengan tantangan lain yang tak kalah seru, yakni memacu mobil balap Audi di ajang DTM Misano, Italia, pada 8 dan 9 Juni 2019.

Dovizioso akan mencoba mengikuti DTM sebagai pengemudi tamu di kokpit Audi RS 5 DTM. Ia bahkan sudah mempersiapkan segalanya dengan mencoba melakukan simulasi di alat simulator dan pada tes dua hari di Misano.

"Ini adalah pengalaman yang sama sekali baru bagi saya. "Audi RS 5 DTM memiliki kekuatan dan downforce yang luar biasa. Anda benar-benar dapat merasakannya di tikungan cepat," kata Dovi.



Kepala Audi Motorsport Dieter Gass mengatakan tidak menuntut target tinggi untuk Dovizioso. Melihat sang bintang bersedia menjadi pebalap tamu di Audi DTM saja, Gass sudah kegirangan.

"Menarik melihat Andrea masuk DTM. Selama tes, ia punya pendekatan yang sangat metodis dan fokus. Tapi kita tahu, betapa sulitnya DTM tahun ini dengan mobil turbo baru. Itu sebabnya, harapan tak boleh terlalu tinggi. Sangat luar biasa bagi penggemar Audi dan motorsport bahwa Andrea telah menyisihkan jadwal balap yang padat di MotoGP, untuk mengikuti DTM," ujar Gass.

Nantinya, Dovizioso mengendarai mobil nomor 34 di Misano dengan warna merah khas Ducati. Bertindak sebagai pelatih, adalah juara DTM dua kali, Mattias Ekström, yang berbagi tips berharga dengan bintang MotoGP di sesi drive test.



Dua balapan malam DTM spektakuler yang dipenuhi dengan manuver menyalip diadakan di trek balap sepanjang 4.226 kilometer di pantai Adriatic tahun lalu. Kali ini, kedua balapan akan dijalankan di siang hari waktu setempat, mulai pukul 13.30.

"Balapan tahun lalu sangat bagus," kata Loïc Duval, yang mengklaim posisi kesatu di DTM pertamanya di Misano pada 2018 lalu. Duval berkata trek tersebut memiliki tata letak yang baik, dan menghasilkan banyak aksi manuver ekstrem.

Seperti rekan-rekan pebalapnya, Duval juga bersemangat menyambut debut Dovi di DTM.

"Saya penggemar berat MotoGP. Balapannya sangat bagus dan sangat dekat. Saya selalu terkesan dengan kemampuan pengendara. Mereka mengambil risiko besar dan memiliki kendali luar biasa atas sepeda motor mereka," kata Duval.



Mobil-mobil DTM baru punya spek mesin turbo empat silinder, dengan power puncak mencapai 610 dk. Dengan mesin seperti itu, mobil seperti Audi RS 5 DTM mencapai kecepatan hingga 270 km/jam di Misano.

Saat ini, Audi memimpin klasemen pabrikan dan René Rast menjadi pembalap paling sukses di era mesin turbo baru dengan dua kemenangan. Menuju ke Misano, Rene hanya berjarak lima poin dari pemimpin klasemen. Dan tim Audi Sport Rosberg menempati peringkat pertama dalam klasifikasi tim.

"Ini benar-benar balap yang berbeda dari motor. Dan cukup sulit untuk menemukan batasnya. Saya benar-benar menantikan akhir pekan dan saya hanya ingin mencoba menikmatinya-tanpa harapan (podium), karena tingkat kompetisi di kejuaraan ini sangat tinggi," pungkas Dovi. (lua/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com