Senin, 01 Apr 2019 14:09 WIB

Salah Pilih Ban, Ducati Desmosedici Dovizioso Jadi Nggak Ngacir

Dina Rayanti - detikOto
Dovizioso disalip Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Dovizioso disalip Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Ban menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam balapan MotoGP. Salah memilih ban, bisa-bisa performa motor ikutan melorot. Itulah yang dialami pebalap Italia Andrea Dovizioso. Dovizioso harus puas berada di posisi ketiga podium MotoGP Argentina usai disalip Rossi pada lap terakhir.

Dovizioso menggunakan ban belakang jenis soft yang ternyata tak bekerja sesuai ekspektasinya. Itulah yang membuat Dovizioso harus mengalah pada Rossi jelang menyentuh garis finish.


"Saya tidak terlalu senang dengan cara kerja ban saat balapan berlangsung karena motor jadi kurang cepat," buka Dovizioso dikutip situs MotoGP, Senin (1/4/2019).

"Saya tidak bisa membuat jarak dengan Valentino dan itu adalah hal yang buruk. Ya, dia menggunakan ban yang berbeda tapi saya tidak tahu kalau medium bisa memberikan hasil lebih baik," sambung Dovizioso.

Seperti diketahui, Rossi memang menggunakan ban jenis medium pada GP Argentina. Prediksi Rossi tepat, Yamaha YZR-M1 dapat menunjukkan performanya dan menyalip Dovizioso.

"Saya pakai medium dan yang lain pakai soft. Saya tahu kalau pakai medium, saya bisa balapan dengan baik," sebut Rossi.

Selain pemilihan ban, kondisi sirkuit Termas de Rio Hondo juga berpengaruh terhadap performa motor. Banyak pebalap menyebut sirkuit di Argentina ini memang sedikit berbeda.


"Di Argentina, sebaiknya Anda tidak bertarung dengan banyak pebalap karena hal itu tidak mudah. Daya cengkramnya sangat rendah. Setiap saat Anda menyalip pebalap, itu sangat mudah membuat kesalahan," jelas Dovizioso.

"Saat Rossi menyalip, saya sangat takut terjadi tabrakan karena di tempat tersebut (Rossi menyalip) tak ada daya cengkeram," aku Dovizioso yang tak lagi berusaha membalap Rossi jelang garis finish. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com