Senin, 18 Mar 2019 14:57 WIB

Banyak Tombol di Setir Mobil F1, Mana yang Sering Dipencet?

Ridwan Arifin - detikOto
Setir Formula 1. Foto: Dadan Kuswaraharja Setir Formula 1. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Setir atau roda kemudi pada mobil balap Formula 1 terlihat berbeda dengan mobil pada umumnya. Terdapat banyak tombol yang disesuaikan dengan fungsinya.

Dari sekian banyak tombol, penasaran tombol apa sih yang sering dipencet pebalap? Mengutip situs resmi tim balap Mercedes-Benz AMG Petronas Motorsport mengungkapkan tombol yang paling sering digunakan pebalap F1 besutannya.

"Fungsi setir yang paling banyak digunakan sejauh ini adalah perubahan gigi. Pada putaran khas di Melbourne misalnya, pengemudi akan menggunakan shift paddles sekitar 50 kali," tulis Mercedes-Benz AMG Petronas Motorsport seperti dikutip halaman resminya.



Pada tahun 2019 ini roda kemudi untuk tim balapnya berjumlah 25 tombol dan saklar. Memiliki beragam fungsi, dari mengatur kecepatan, pengereman, dan aerodinamika sayap belakang mobil.

Fungsi lainnya juga tidak kalah penting detikers, yakni menyesuaikan pengaturan Power Unit, mengubah data yang ditampilkan di layar, mengaktifkan radio hingga pembatas kecepatan saat masuk pit lane.

Pun demikian pernyataan soal tombol mana yang paling penting bagi seorang pebalap. Laman resminya mengungkapkan penting atau tidaknya tombol tergantung situasinya, namun satu hal yang membuat pebalap tidak diperkenankan untuk salah memencet.



"Pentingnya tombol tergantung pada situasinya. Jika, misalnya, seorang pengemudi tidak dapat lagi mendengar insinyur balapannya, kontrol volume radio tiba-tiba menjadi sangat penting. Jika Anda bertanya kepada pengemudi tombol mana yang menurutnya paling penting, ia mungkin akan memilih sakelar 'Strat' karena memiliki dampak besar pada performa mobil," jelasnya.

Dijelaskan bahwa tombol strat dapat mengontrol mode Power Unit dan akan berdampak pada kinerja mesin pembakaran internal maupun penyebaran energi listrik.

"Pengemudi biasanya akan diberi tahu oleh insinyur balapannya yang mana 'mode strat' yang harus ia gunakan pada waktu tertentu," terangnya.

Lebih lanjut setiap pebalap dilibatkan dalam pembuatan roda kemudi, khususnya soal desain dan kenyamanannya.

"Ya, sebenarnya mereka cukup terlibat dalam proses desain karena roda dibuat sesuai kebutuhan masing-masing. Baik ergonomi roda, dan tata letak fisik bentuk dan genggaman dipasang di tangan mereka, dan cara mereka suka berinteraksi dengan roda kemudi," tambahnya. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com