Sabtu, 23 Feb 2019 07:49 WIB

Balapan MotoGP 2021 di Sirkuit Jalan Raya, Amankah?

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi MotoGP Foto: Reuters Ilustrasi MotoGP Foto: Reuters
Jakarta - Selama ini sirkuit untuk balap MotoGP kebanyakan mengadopsi desain tertutup. Artinya, lintasan balap dibuat khusus, lengkap dengan fasilitas dan infrastruktur penunjang safety.

Para pebalap MotoGP maupun pebalap motor pada umumnya memang perlu trek balap dengan tingkat keamanan yang tinggi, sebab motor akan dipacu maksimal. Bahkan di ajang MotoGP saja kecepatan tertingginya bisa lebih dari 350 km/jam.



Lantas bagaimana jika ajang MotoGP dilakukan di sirkuit dengan konsep sirkuit jalan raya? Kebetulan di Indonesia sedang hangat rencana pembuatan sirkuit jenis ini di Mandalika, Lombok, NTB.

Seperti dijelaskan Senior Manager Safety Riding and Motorsport PT Astra Honda Motor (AHM) Anggono Iriawan, tidak perlu ada kekhawatiran terkait dengan persoalan keamanan di sirkuit jalan raya.

MotoGP di Lombok dan ini sirkuit MandalikaMotoGP di Lombok dan ini sirkuit Mandalika Foto: ist.


"Kalau dari safety, yang punya standar kan FIM dan Dorna. Ya pastinya (sirkuit jalan raya) juga harus sesuai dan memenuhi requirements mereka. Karena di manapun namanya balap pasti itu isu utamanya soal safety," kata Anggono, kepada detikOto melalui sambungan telepon, Jum'at (22/2/2019).

Anggono pun mendukung gagasan pembangunan sirkuit balap di Mandalika, karena kehadiran event MotoGP di Indonesia sudah lama dinanti para penggemarnya.



"Kalau Sirkuit Mandalika ini direalisasikan kami pasti sangat happy. Yang antusias bukan hanya kami yang berkecimpung di dunia balap. Tapi juga para fans MotoGP di Indonesia yang punya populasi luar biasa banyak," lanjut Anggono.

Sebagai info, gelaran MotoGP Indonesia rencananya akan menggunakan sirkuit jalan raya Mandalika yang memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finish.

Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Rencananya Sirkuit Mandalika akan rampung dibuat pada 2020, dan bersiap digunakan untuk menggelar MotoGP 2021.

Balapan MotoGP di Sirkuit Jalan Raya, Amankah?
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com