ADVERTISEMENT
Jumat, 22 Feb 2019 16:51 WIB

MotoGP Digelar di Lombok, Bos Yamaha Ini Rela Nonton di Tribun

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi Valentino Rossi Foto: Jamie McDonald/Getty Images Ilustrasi Valentino Rossi Foto: Jamie McDonald/Getty Images
Jakarta - Berbagai sambutan hangat akan digelarnya MotoGP di Lombok, NTB dirasakan berbagai lapisan masyarakat. Tak terkecuali Yamaha Indonesia yang juga menyambut rencana ini. Bahkan salah satu bos Yamaha pastikan, jika memang benar MotoGp digelar di Lombok dirinya akan rela nonton dari tribun penonton.

"Saya mau Nonton di Tribun, untuk menyaksikan langsung kemeriahannya. Sudah bisa di bayangkan pasti seru," kata GM Aftersales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor manufacturing (YIMM), M. Abidin, kepada detikOto, Jumat (22/2/2019).

Dikesempatan yang sama, Abidin, juga berharap Valentino Rossi masih tetap ngaspal di MotoGP.



"Menurut Luca Marini adiknya, saya baca di berita. Dia berharap Rossi menunggunya hingga dia tiba di motoGP dan bertanding hingga seusia seperti nomor Motornya 46," harap Abidin.

Seperti dikutip detiksport, Indonesia akan menggelar MotoGP mulai 2021. Setelah 24 tahun, Indonesia kembali menjadi tuan rumah balap motor kelas tertinggi bertaraf internasional lagi.

Indonesia sudah meneken kesepakatan dengan Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP mulai musim 2021. Kontrak berdurasi tiga tahun, yang artinya Indonesia menjadi tuan rumah balapan untuk Marc Marquez dkk sampai 2023.



Kepastian itu dikonfirmasi oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer. Ia mengonfirmasi, jika Indonesia dan Dorna Sports SL sudah sepakat menggelar kejuaraan balap motor tersebut.

Kesepakatan ini membuat Indonesia akhirnya kembali menggelar balap motor kelas tertinggi bertaraf internasional lagi setelah terakhir kali 24 tahun lalu. Ya, pada 1997, Indonesia pernah menjadi tuan rumah Grand Prix.

Ketika itu, Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan pada 1996 dan 1997 untuk semua kelas balapan yakni 500cc, 250cc, dan 125cc. Sirkuit Sentul yang menjadi arena balapannya. Ketika itu, kelas balapan tertingginya masih 500cc, belum MotoGP.



Pada 1997 atau tahun terakhir Grand Prix Indonesia digelar, kelas 500cc dimenangi oleh Tadayuki Okada asal Jepang, Max Biaggi memenangi kelas 250cc, dan kelas 125cc dimenangii Valentino Rossi yang saat ini masih membalap di MotoGP

Kini, ajang balap motor kelas tertinggi akan kembali ke Indonesia, tepatnya di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kepastian ini menjawab penantian pecinta balap motor di Tanah Air yang selalu mendapat ketidakpastian soal gelaran MotoGP dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2015, Indonesia sempat dibilang akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP 2017 di Sentul, namun akhirnya tidak jelas dan menguap. Kemudian setelahnya, Palembang disebut siap menggelarnya.

Namun sama seperti Sentul, MotoGP Palembang juga tinggal wacana. Kini, Mandalika datang dan diklaim siap menjadi tuan rumah kejuaraan motor paling bergengsi itu.

Sirkuit Mandalika disebut akan menyiapkan sirkuit jalan raya untuk MotoGP 2021. Menarik ditunggu aksi para rider beradu kecepatan di Indonesia. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com