Jumat, 22 Feb 2019 12:50 WIB

Touring Motor ke Lombok untuk Nonton MotoGP, Siapkan '4WD'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Layout sirkuit Mandalika Foto: ist. Layout sirkuit Mandalika Foto: ist.
Jakarta - Lombok akan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP mulai 2021. Di sana, bakal dibangun sirkuit jalan raya, tepatnya di Mandalika.

Gelaran MotoGP di Indonesia itu menjadi kesempatan emas bagi penggemar sepeda motor untuk nonton langsung. Maklum, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggemar MotoGP terbanyak di dunia.

Gelaran MotoGP ini bisa menjadi kesempatan bike enthusiast untuk touring dari kota asalnya ke Lombok untuk nonton langsung MotoGP. Apalagi di negara tetangga, Malaysia, touring jarak jauh untuk nonton MotoGP Sepang sering dilakukan saban tahun.

Lombok sendiri sebenarnya merupakan destinasi yang banyak dijadikan tujuan touring. Komunitas Nmax Riders Xmax Riders (NRXR) Bekasi, misalnya, mereka pernah touring ke Lombok pakai sepeda motor.

Kala itu, NRXR touring sekaligus menggaungkan kampanye #nodrivingunder17, sebuah kampanye keselamatan jalan raya agar anak-anak di bawah umur tidak berkendara. Kata Fariz Sudrajat, humas NRXR Bekas, pihaknya menghabiskan waktu 4 hari untuk menuju Lombok.



"Perjalanan 4 hari rute utara (jalur Pantura Pulau Jawa), nyebarang di Banyuwangi ke Bali setelah itu baru ke Lombok. Pulangnya riding juga itu 6 harian soalnya nginep dan sowan ke NR yang ada di Jawa," kata Fariz.

Fariz memberikan tips untuk pencinta sepeda motor yang ingin touring ke Lombok untuk nonton MotoGP 2021. Kata dia, yang pasti siapkan 4WD alias waktu dan duit.

"4 minggu siapkan waktunya, Rp 4 jutaan siapkan uangnya. Itu yang paling penting. Selain itu juga kondisi fisik dan komunikasi antar-tim harus berjalan," kata Fariz sambil menambahkan pentingnya kesehatan motor untuk touring jarak jauh.

Sementara itu, MotoGP Indonesia rencananya akan menggunakan sirkuit jalan raya Mandalika yang memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finis.



Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Touring Motor ke Lombok untuk Nonton MotoGP, Siapkan '4WD'
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed