Jumat, 23 Nov 2018 11:41 WIB

Aquaplanning Intai Nyawa Pebalap MotoGP

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi MotoGP Valencia Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Ilustrasi MotoGP Valencia Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - MotoGP Valencia membukukan rekor sebagai seri balap paling banyak menimbulkan crash. Berlangsung di bawah hujan deras, total tercatat 44 rider dari kelas Moto 3, Moto 2, sampai MotoGP terjatuh saat mengaspal di sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (18/11/2018).



Bahkan karena lintasan yang memburuk akibat terus-menerus diguyur hujan membuat Race Director mengibarkan bendera merah di MotoGP Valencia setelah 14 putaran.

Aspek keselamatan menjadi penilaian, permukaan lintasan yang digenangi air bisa menyebabkan gejala aquaplanning atau beberapa orang mengenalnya dengan hydroplanning. Lantas seperti apakah aquaplanning yang bisa mengintai nyawa para pebalap MotoGP ini?

Guna menjawab rasa penasaran, Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, menjelaskannya saat dihubungi detikOto, Kamis (22/11/2018).



"Jadi aquaplanning adalah sebuah fenomena ketika sebuah kendaraan apakah motor, mobil, atau speedboat yang melintasi lapisan film air atau lapisan tipis air di sebuah permukaan," ungkap Jusri.

"Pada kecepatan pelan, ia tidak mempengaruhi apa-apa, tetapi pada kecepatan tinggi maka momentum atau terjangan ban akan membuat daya angkat ke atas yang mendorong permukaan ban, terlepas traksinya dari permukaan jalan tersebut," kata Jusri.



Karena momentum tersebut membuat ban motor tidak menapak secara sempurna di aspal melainkan mengambang di atas permukaan air.

Lebih lanjut, kata Jusri, saat kondisi jalan basah daya cengkram ban bisa berkurang. Apalagi dalam kecepatan tinggi, traksi ban bisa lebih menurun secara signifikan. Walhasil motor kehilangan kendali dan akibatnya terjadi crash.

"Analogi mudahnya seperti batu pipih yang dilemparkan secara menyamping ke danau, batu itu meloncat-loncat dan akhirnya tenggelam, Aquaplanning sangat membahayakan karena objek kendaraan bermotor akan kehilangan kendali, bahkan speedboat yang sudah di air pun bisa frontlift," terang Jusri.



Tonton juga 'Momen Marquez hingga Rossi Tersungkur di MotoGP Valencia':

[Gambas:Video 20detik]



Aquaplanning Intai Nyawa Pebalap MotoGP
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed