Senin, 22 Okt 2018 15:21 WIB

Rossi: Honda dan Ducati Dulu seperti Yamaha

Dina Rayanti - detikOto
Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Musim 2018 menjadi salah satu musim yang cukup berat bagi Yamaha. Duo pebalap Yamaha Movistar kesulitan untuk meraih posisi podium dalam beberapa balapan.

Keadaan yang dialami Yamaha berbeda dengan Ducati dan Honda. Motor Ducati dan Honda bisa digeber secara maksimal oleh para pebalapnya. Marquez dan Dovizioso misalnya selalu berebut untuk bisa berdiri di podium.


Padahal musim-musim sebelumnya, Yamaha juga bisa bersaing di depan bersama dengan para rivalnya itu.

"Kami harus mengatakan Ducati dan Honda belajar dari Yamaha karena 3-4 tahun lalu Yamaha sangat mulus sementara Honda dan Ducati lebih agresif," ungkap pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dikutip Crash.

"Tampaknya Ducati dan Honda sejak tahun lalu sudah membuat motor mirip dengan Yamaha. Bedanya mereka mengusung mesin 'V' sedangkan kami masih empat silinder segaris yang bisa saja menjadi bagian dari masalah yang kami alami. Tapi sesungguhnya saya tidak mengetahui dengan pasti," sambung Rossi.


Memang saat ini motor-motor yang berlaga di MotoGP sudah mulai beralih mengusung mesin V4 termasuk Honda, Ducati, KTM dan Aprilia. Honda telah menggunakan mesin berkonfigurasi V sejak awal era MotoGP. Honda sempat beralih dari V5 ke V4 pada 2007. Sedangkan Ducati selalu menggunakan mesin V4 desmodromic sejak memasuki kelas pada 2003.

Sementara Yamaha masih bertahan dengan mesin empat silinder segaris bersama dengan Suzuki. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed