Senin, 04 Jun 2018 15:00 WIB

Kenapa Ban Sangat Berpengaruh di MotoGP?

Dina Rayanti - detikOto
Marquez terjatuh gara-gara pemilihan ban yang kurang tepat (Foto: Alessandro Bianchi/Reuters) Marquez terjatuh gara-gara pemilihan ban yang kurang tepat (Foto: Alessandro Bianchi/Reuters)
Jakarta - Ban merupakan salah satu faktor krusial di balapan MotoGP. Salah-salah pilih ban, bisa jadi balapan bisa jadi kacau atau bahkan bisa terjatuh dan harus rela tak finish balapan.

Semua tim yang berkecimpung di balapan MotoGP memiliki teknisi khusus dari Michelin. Para teknisi ini bertugas untuk memberikan analisis soal kondisi trek di setiap balapan.


Tak hanya itu mereka juga memberikan saran untuk tim dan pebalap dalam memilih ban yang tepat digunakan saat balapan seperti dikutip situs Box Repsol Honda, Senin (4/6/2018).

Analisis tersebut didasarkan pada suhu trek, temperatur ban, dan juga tekanannya. Untuk setiap seri balapan, mereka mempertimbangkan trek termasuk bentuknya, tikungan, hingga kekompakan permukaan, serta tekanan lateral dan longitudinal yang diaplikasikan ke ban.



Setiap ban sudah didesain memiliki performa untuk level tertinggi sekalipun dan memiliki daya tahan terhadap suhu tertentu. Analisis data dan pemilihan ban sangat berpengaruh terhadap performa berkendara di trek.

Kalau ban terlalu panas, bisa kehilangan daya cengkeram dan motor bisa terjatuh. Selain itu gelembung-gelembung juga bisa timbul pada ban. Saat temperatur rendah, motor juga bisa terjatuh karena daya cengkeram penuh ban juga berkurang. Ini biasa disebut dengan fenomena graining, dimana karet ban mengembang dan menimbulkan bulatan-bulatan kecil di pinggir ban.

Michelin memasok ban untuk MotoGP sampai 2023.Michelin memasok ban untuk MotoGP sampai 2023. Foto: Michelin


Suhu memang sangat berpengaruh terhadap daya cengkeram ban. Oleh sebab itu ban untuk balapan ini memang didesain sefleksibel mungkin agar bisa digunakan di berbagai temperatur. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed