Minggu, 06 Mei 2018 19:15 WIB

Mau Ngesot di Aspal? Ini Syarat Utama yang Harus Dimiliki Mobil

Ruly Kurniawan - detikOto
Kejurnas Drifting Foto: M. Luthfi Andika Kejurnas Drifting Foto: M. Luthfi Andika
Tangerang Selatan - Mobil yang dipergunakan khusus seperti balapan ataupun drifting punya spesifikasi berbeda. Jadi, meski tampangnya mirip, mobil biasa agak sulit bermain drift atau ngesot di aspal.

Dikatakan salah satu teknisi di Kejurnas Drifting 2018 (Super Drift 2018), syarat utama untuk mobil drift adalah RWD (Rear Wheel Drive atau berpenggerak roda belakang). Karena, kalau tidak mobil bisa-bisa selip atau melanting. Ngesot dengan mobil penggerak depan butuh teknik yang lebih banyak.

[Gambas:Video 20detik]




"Paling utama itu dia RWD supaya bisa dipakai drift. Jadi tidak disarankan mobil harian dipakai untuk itu. Kecuali, dia custom," katanya saat berbincang bersama detikOto di Super Drift 2018, di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Minggu (6/5/2018).

Custom yang dimaksud adalah mengganti ukuran ban, suspensi, kaki-kaki, hingga mesin. Tapi sebelum itu semua, yang patut diganti adalah menjadikan RWD.



"Custom buat mobil drift awal-awal ya harus di RWD-kan. Tapi mending daripada custom seperti itu, mending cari mobil yang memang berpenggerak roda belakang," kata pria tersebut. "Karena biayanya tidak murah, itu," lanjutnya.

Jadi, jangan mentang-mentang tampang mobilnya sangat sporty dan terpancar aura race belum tentu dia bisa digunakan untuk ngedrift ya, Otolovers.


(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com