Kamis, 22 Mar 2018 07:45 WIB

Cerita Awal Mugiyono, Cah Kebumen yang Tangani Helm Dovizioso

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mugiyono dan helm asuhannya. Foto: Facebook/Nathania Mugiyono Mugiyono dan helm 'asuhannya'. Foto: Facebook/Nathania Mugiyono
Jakarta - Cah Kebumen ada yang sudah berjasa untuk balapan bergengsi sekelas MotoGP. Ialah Mugiyono yang menyalurkan jasanya untuk menangani helm pebalap MotoGP sekelas Andrea Dovizioso.

Bisa dibilang, Mugi turut berjasa untuk kemenangan Dovizioso di MotoGP seri Qatar akhir pekan kemarin. Karena Mugi yang bikin helm Dovizioso nyaman untuk dipakai sehingga tidak mengganggu konsentrasi balapan.

Jadi penasaran, bagaimana bisa sih Cah Kebumen menangani helm pebalap sekelas Dovizioso? Cerita berawal dari pabrikan helm asal Indonesia KYT yang sudah mengakuisisi merek helm Eropa, Suomy, yang dipakai Dovizioso.



"Iya KYT sudah akuisisi Suomy. Saya itu ditugasin sama bos saya disuruh belajar di MotoGP. Karena kan semua sudah tahu bahwa Suomy sudah diakuisisi oleh KYT," kata Mugi kepada detikOto melalui sambungan telepon semalam.

"Saya perwakilan dari KYT Indonesia untuk belajar, perbantukan menangani helm pebalap di Moto3, Moto2 dan MotoGP," sebut Mugi.

Menurut Mugi, pihak Suomy Eropa sudah punya satu orang teknisi helm. Namun, teknisi Suomy itu keteteran memegang helm Suomy dan KYT yang dipakai pebalap Moto3, Moto2, hingga MotoGP sendirian.



"Jadi kita sama-sama belajar. Kita kerja bareng di sana, karena kan ada Suomy ada KYT. Jadi satu ruangan itu menangani helm Suomy dan KYT," cerita Mugi.

Melalui cara ini, Mugi belajar banyak menangani helm pebalap motor paling bergengsi di dunia. Mugi pun mengakui bahwa dirinya masih harus banyak belajar.

"Karena balap MotoGP kan nggak main-main, nyawa taruhannya. Makanya di situ saya harus belajar bagaimana helm yang benar-benar safety untuk MotoGP. Pemakaiannya yang nyaman itu saya harus gimana sih," kata pria asal Kebumen yang sudah berpengalaman menangani helm pebalap lokal tersebut. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed