Jumat, 15 Des 2017 14:24 WIB

Setir Mobil F1, yang Lebih Rumit dari Setir Mobil Biasa

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Setir merupakan salah satu komponen penting di mobil yang menghubungkan pengendara dan mobilnya. Tetapi setir di mobil balap F1 berbeda dengan setir-setir mobil pada umumnya. Banyak tombol-tombol yang juga berfungsi untuk mengendalikan mobil.

Mengutip situs resmi Formula One, saat balapan F1 pertama kali, setir terbuat dari kayu dan diambil dari setir-setir mobil di jalanan pada umumnya. Namun semakin hari bentuknya diubah untuk menyesuaikan agar mudah saat mobil melintasi tikungan. Semakin ke sini bentuk setirnya semakin kecil untuk memberikan ruang lebih bagi si pengendara.

Pergantian gigi pun berbeda dengan mobil pada umumnya yakni menggunakan pedal yang ada di balik setir. Itu merupakan awal ide dari seluruh pengendalian mobil dilakukan dari setir saja.

Tombol pertama yang muncul di bagian setir mobil F1 adalah tombol 'Netral' dan tombol untuk menghubungkan dengan sistem radio ke tim balap yang dinaungi.

Kini tombol-tombol di setir mobil F1 lebih berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan. Misalnya seperti untuk membatasi kecepatan saat mobil masuk pit. Ada juga tombol untuk mengurangi sistem tarikan di sayap belakang mobil.

Dalam setir juga terdapat layar LCD dengan berbagai warna terang. Tapi warna tersebut bukan sekadar hiasan nih Otolovers karena warna itu mengindikasikan waktu yang tepat bagi si pebalap untuk mengganti gigi. Seluruh aktivitas balapan juga terhubung dengan sistem GPS yang bisa mengarahkan dan memberi tahu si pebalap mulai dari terhentinya balap karena ada kecelakaan, dan jalur trek di depan.

Setir tak bisa diputar banyak-banyak. Hal yang paling krusial adalah konektor yang menghubungkan roda dengan setir. Ini juga sulit mengambil tekanan dari roda kemudi dan harus tersedia koneksi listrik antara kontrol setir dengan mobil.

Setir F1 juga harus mudah dilepaskan. Karena dalam peraturan FIA, si pebalap harus bisa keluar dari mobil kurang dari lima detik tanpa harus melepaskan apa-apa di mobil kecuali setirnya.

Saat ini setiap mobil F1 dibekali dengan power assisted steering yang bisa mengurangi tekanan dari setir. Dengan begitu ukuran setir bisa dibuat lebih kecil lagi, bahkan ukurannya hanya setengah dari diameter setir mobil pada umumnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com