Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 19 November 2017, 15:14 WIB

Mengintip Cara Pembuatan Helm Valentino Rossi

Dina Rayanti - detikOto
Mengintip Cara Pembuatan Helm Valentino Rossi Foto: Screenshot Youtube Champions Helmet
Jakarta - Helm memang diciptakan untuk melindungi kepala para pengendara motor. Apalagi buat digunakan di ajang balap MotoGP. Membuatnya tak bisa sembarangan nih Otolovers!

Serangkaian tes harus dilakukan sebelum akhirnya helm itu bisa dipakai oleh pebalap. Seperti misalnya terlihat pada akun Youtube Champion Helmets yang mengunggah video pembuatan helm pebalap asal Italia Valentino Rossi.

Pertama-tama yang dilakukan adalah melakukan pemindaian dan analisis indeks antropometrik pada kepala Rossi kemudian setelahnya baru menentukan desain bagina dalam dan luar helm.

Setelah itu beberapa komponen yang digunakan mulai dimodelkan mulai dari letak lapisan bagian dalam hingga distribusi densitas busa di bagian dalam helm.

Setelah itu dilakukan analisis ergonomis dari sisi penglihatan si pebalap. saat melihat ke depan ataupun saat kepala pada posisi aerodinamis. Ada empat lapisan yang menyusun helm-helm yang digunakan Rossi ini dengan tingkat keamanan yang lebih baik lagi.

Tak habis sampai disitu Otolovers, setelah itu helm dites apabila si pebalap mengalami tabrakan dengan analisis FEM (Finite Element Method) yakni analisis dengan perhitungan matematika dan fisika soal efek yang terjadi pada kepala si pebalap saat terjadi tabrakan.

Posisi duduk si pebalap juga mempengaruhi proses pembuatan helm. Kemudian ada tes lagi yang dilakukan yakni Wind Tunnnel Testing untuk memastikan helm bisa nyaman digunakan pebalap agar lebih fokus saat balapan berlangsung.

Tes itu meliputi aerodinamis helm, tes kebisingan dari udara yang masuk maupun keluar helm, ventilasi udara di helm agar pengendara tak kepanasan, hingga pengukuran kekuatan helm saat motor dipacu dalam kecepatan yang berbeda.

Wah ternyata membuat helm tak bisa asal ya Otolovers, agar si pebalap bisa tetap aman saat sedang membalap.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +