Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 20 Maret 2017, 11:06 WIB

Otosport

Mobil Balap BMW Ini Dirakit dari Hasil Sumbangan

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mobil Balap BMW Ini Dirakit dari Hasil Sumbangan Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - BMW Club E30 Register telah siap mengikuti Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) musim 2017/18 dengan tiga mobil berbasis BMW M40 E30. Uniknya salah satu dari ketiga mobil tersebut uniknya dirakit dari hasil sumbangan.

Tidak muluk-muluk, ide merakit mobil balap muncul hanya dari sekedar obrolan biasa. Dari obrolan tersebut, terkumpul lah sumbangan donasi dari para anggota BMW Club E30 Register yang kemudian terwujud mobil balap E30.

Mobil Balap BMW Ini Dirakit dari Hasil SumbanganFoto: Khairul Imam Ghozali


"Itu tahun 2016, kita mulai ngobrol itu bulan Januari, realisasi start project itu bulan Februari, dan mulai ikut balap Maret. Jadi sebulan nyiapin mobil. Baru ikut 2016 sudah dapat juara nasional di kelas novice." ujar ujar Ketua Umum, BMW Club E30 Register, Adhitia Yudhistira.

Mobil Balap BMW Ini Dirakit dari Hasil SumbanganFoto: Khairul Imam Ghozali


Untuk perubahan yang dilakukan lanjut Adhit memaparkan ada pada bagian mesin, dan kaki-kaki.

"Spek overall M52, terus transmisi pakai M40, kaki-kaki pakai coillover, terus ban karena regulasi ngikutin dari ETCC wajib pake Achilles karena kan produk dalam negeri ya, kita pakai ATR Sport, untuk ban basah 123S, terus Gardan ya LS biasa. Terus kita pakai engine management-nya itu masih pakai piggy-back biasa dari Dastek," tuturnya.

Mobil Balap BMW Ini Dirakit dari Hasil SumbanganFoto: Khairul Imam Ghozali


Mobil yang dirakit hanya dalam kurun waktu satu bulan ini, hanya memakan biaya Rp 180 jutaan.

"Total kita cost Ro 180 jutaan, overall dari beli mobil dan lainnya. Rp 180 juta itu kita kebanyakan dibantu sama temen-temen bengkel, harusnya lebih dari itu, tapi karena dibantu jadi dapat harga segitu," tutup Adhit.

(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed