Pole Lorenzo Sekaligus Torehkan Rekor Baru

Kris Fathoni W - detikOto
Minggu, 20 Mar 2016 06:04 WIB
Foto: Yamaha
Doha - Jorge Lorenzo senang benar bisa membuka MotoGP 2016 dengan pole. Apalagi itu membuatnya menorehkan rekor.

Juara bertahan MotoGP yang berkiprah untuk Movistar Yamaha itu berhasil mencatatkan waktu putaran terbaik dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar, Minggu (20/3/2016) dinihari WIB.

"Saya amat senang memulai kejuaraan dunia dengan cara ini lewat posisi pole. Tak berarti besok akan sama, tapi setidaknya kami ada di posisi terdepan," ucap Lorenzo seperti dikutip CyleNews.com.

Hasil tersebut membuat Lorenzo kini sudah mengoleksi 62 pole dalam keikutsertaannya dalam kejuaraan dunia balap motor grand prix; 3 di 125cc, 23 di 250cc, dan 36 di MotoGP. Menurut catatan statistik MotoGP.com jumlah tersebut membuat Lorenzo memuncaki daftar pebalap dengan jumlah pole terbanyak, melampaui Valentino Rossi. Rekan setim Lorenzo di Movistar Yamaha itu punya 61 pole.

10 besar peraih pole terbanyak

 Pole  Rider Negara
 62 Jorge Lorenzo Spanyol
 61 Valentino Rossi Italia
 58 Marc Marquez Spanyol 
 58 Mick Doohan Australia
 56 Max Biaggi Italia
 46 Dani Pedrosa Spanyol
 43 Casey Stoner Australia
 42 Jorge Martinez Spanyol
 41 Loris Capirossi Italia
 35 Eugenio Lazzarini Italia
[MotoGP.com]

"Sudah pasti saya senang berada menjadi pebalap dengan posisi pole terbanyak dalam sejarah. Ini mudah untuk dikatakan tapi sangat sulit untuk didapat setelah sekian lama bertarung. Sulit," kata Lorenzo.

"Saya sempat mendapat masalah dengan ban kedua. Sepertinya ban itu belum cukup panas sehingga tidak memberi saya keyakinan dan daya cengkeram yang sama. Jadi saya berusaha masuk tikungan terlalu cepat dan kehilangan kendali di bagian belakang. Untungnya dengan ban pertama saya mampu menjaga posisi pole. Itu posisi start bagus dan kami akan merayakan pencapaian ini," tuturnya.


(krs/ddn)