ADVERTISEMENT

Kolaborasi Laksana dan Baze Lahirkan Motorhome Berbasis Mobil Pikap

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 04 Apr 2022 11:46 WIB
Maha Motorhomes garapan Laksana dan Baze
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Maha Motorhomes garapan Laksana dan Baze.
Jakarta -

Karoseri Laksana dan spesialis interior Baze membuat gebrakan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dengan memperkenalkan produk motorhome terbaru mereka, Maha Motorhomes. Motorhome ini sangat menarik karena basisnya dari mobil pikap kabin ganda.

Motorhome mulai menjadi tren baru di Indonesia sejak terjadinya pandemi virus Corona (COVID-19) awal 2020 lalu. Motorhome merupakan sebuah konsep mobil yang memiliki interior layaknya rumah dan memiliki beberapa fasilitas penting seperti kasur, toilet, hingga dapur.

Motohome biasa digunakan berlibur untuk keluarga dengan jumlah anggota 2 hingga 4 orang. Di masa pandemi, mulai banyak orang yang berpikiran untuk berlibur ke alam dengan kendaraannya. Akhirnya camping ground pun mulai bermunculan di wilayah Indonesia.

Maha Motorhomes garapan Laksana dan BazeMaha Motorhomes garapan Laksana dan Baze Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Meningkatnya permintaan modifikasi mobil biasa menjadi motorhome, membuat PT Bahana Selaras (Baze) berkolaborasi dengan perusahaan CV. Laksana dalam membuat rancangan sebuah masterpiece bertemakan motorhome, yang kemudian diberi nama 'Maha Motorhomes'.

Baze pun sengaja memilih mobil pikap double cabin Nissan Navara untuk proyek Maha Motorhomes. Double Cabin Motorhome ini basisnya dari tipe Nissan Navara. Pikap kabin ganda sengaja dipilih karena memiliki kemampuan 4x4, yang bisa diandalkan di medan-medan ekstrem.

Interior Maha Motorhomes dibuat oleh Baze dengan membawa konsep Livingroom, Kitchen, Toilet, dan Pop-up Roof ke dalam mobil. Terdapat 3 mode yang bisa diaplikasikan pada interiornya. Apa saja?

Maha Motorhomes garapan Laksana dan BazeMaha Motorhomes garapan Laksana dan Baze Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Pertama ada Driving Mode (mode berkendara), lalu Leisure Mode (mode bersantai), dan Sleeping Mode (mode beristirahat). Lalu untuk kapasitasnya, bisa menampung 4 orang untuk posisi duduk, serta 4 orang lagi di kabin motorhome (2 orang di Livingroom, 2 orang di atas tenda Pop-up Roof).

Eksterior Maha Motorhomes dibuat oleh karoseri Laksana dengan material Lightweight Fiber yang diklaim kuat, sehingga mampu memberikan kekuatan dan perlindungan untuk para penumpang di kabin.

"Dalam pembuatan kendaraan ini kami mengutamakan fungsi untuk kebutuhan selama berada di perjalanan. Kenyamanan dan keamanan yang kami buat dengan matang, serta estetika yang tak luput dari perhatian kami juga. Motorhome ini kami buat tentunya untuk memenuhi kebutuhan liburan Anda secara private dengan jumlah penumpang yang relatif sedikit, namun tetap bisa mengeksplorasi keindahan Indonesia," kata Direktur PT Bahana Selaras, Bari Setiadi.

Maha Motorhomes garapan Laksana dan BazeMaha Motorhomes garapan Laksana dan Baze Foto: Luthfi Anshori/detikOto
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT