ADVERTISEMENT

Motor Listrik Energica Meluncur di IIMS 2022: Tenaga Buas, Harga Rp 1 M Lebih

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 01 Apr 2022 19:09 WIB
Motor listrik Energica diluncurkan di IIMS Hybrid 2022
Motor listrik Energica diluncurkan di IIMS Hybrid 2022 (Utomocorp)
Jakarta -

Utomocorp resmi memperkenalkan line up motor listrik Energica dan NIU di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Khusus untuk motor listrik Energica, merupakan motor listrik berperforma tinggi dengan harga lebih dari Rp 1 miliar.

Di ajang IIMS Hybrid 2022 yang berlangsung pada 31 Maret-10 April 2022 di JIExpo, Kemayoran, Utomocorp menghadirkan empat merek, seperti Italjet, Royal Alloy, Energica, dan NIU.

Setelah pada Maret kemarin meluncurkan dan melakukan serah terima unit skuter Urban Superbike Italjet Dragster Limited Edition kepada konsumen, di gelaran IIMS 2022 kali ini Utomocorp memboyong segmen elektrifikasi, yakni Energica dan NIU. Menempati area Hall C, ada tiga varian sportbike listrik Energica, yakni Energica Ego+, EsseEsse9, dan Eva Ribelle, serta di kelas skuter yakni NIU Gova 05.

Motor listrik Energica diluncurkan di IIMS Hybrid 2022Motor listrik Energica diluncurkan di IIMS Hybrid 2022 Foto: Dok. Utomocorp

Sekadar informasi, Energica Motor Company S.p.A. merupakan produsen sepeda motor listrik supersport Italia yang pertama. Motor listrik ini diibaratkan ekspresi tertinggi dari kemewahan ala Italia, yang diproduksi di Italian Motor Valley di Kota Modena, Italia.

Sementara NIU (NIU Technologies) didirikan pada tahun 2014 dan merupakan merek yang menyediakan kendaraan mobilitas perkotaan yang nyaman dan ramah lingkungan. NIU merupakan merek global dalam mobilitas perkotaan yang merangkul teknologi, gaya, dan kebebasan.

"Tren perkembangan dunia otomotif secara global menjadi acuan bisnis kami dalam menyikapinya untuk menjadi distributor resmi di Indonesia termasuk di industri kendaraan listrik. Di ajang IIMS 2022 kami hadirkan dua brand terkemuka, yakni Energica dari Italia untuk kelas sportbike yang punya spesifikasi dan performa tinggi, serta skuter listrik NIU dari Amerika sebagai smart urban mobility solutions. Untuk Energica yang juga menjadi penyuplai resmi ajang balap motor dunia listrik MotoE, ada tiga model yakni Energica Ego+ dengan penampilan full fairing, lalu EsseEsse9+ bergaya naked bike, dan Eva Ribelle model street fighter. Kami juga punya NIU Gova 05 buat konsumen yang mencari kesenangan naik skuter berdesain stylish sebagai pilihan kaum urban di perkotaan," beber Denny Utomo, CEO Utomocorp.

Motor listrik Energica diluncurkan di IIMS Hybrid 2022Motor listrik Energica diluncurkan di IIMS Hybrid 2022 Foto: Dok. Utomocorp

Denny menambahkan, segmentasi pasar untuk Energica adalah kalangan premium yang hobi dengan performa tinggi, serta doyan berkendara jarak jauh. "Energica Ego+ mampu menempuh 400 km karena memiliki kapasitas baterai 21,5 kWh dan memiliki torsi sebesar 215 Nm dengan kecepatan maksimal 240 km/jam. Sementara untuk tipe Energica EVA EsseEsse9 memiliki power 109 dk di 6.000 rpm dan memiliki torsi 180 Nm dengan kapasitas baterai 13,4 kWh, kemudian Eva Ribelle memiliki kapasitas power yang sama 145 dk di putaran 6.000 rpm serta torsi 215 Nm dengan kapasitas baterai 21,5 kWh," ujar Denny.

Motor listrik NIU meluncur di IIMS Hybrid 2022Motor listrik NIU meluncur di IIMS Hybrid 2022 Foto: Dok. Utomocorp

Sedangkan NIU Gova 05 membawa pembaruan dari tipe sebelumnya, dengan dimensi bodi lebih besar, serta power lebih tinggi. NIU Gova 05 sudah menggunakan baterai Lithium Energy Generasi keempat dari NIU dan membuat skutik ini mampu dipacu sampai 80 km/jam dengan jarak tempuh 100 km dan hadir dengan ukuran ban 12-14 inci.

Selama IIMS 2022 berlangsung, Utomocorp menyediakan unit test ride untuk Royal Alloy dan NIU agar konsumen bisa merasakan sensasi bekendara dari produknya. Saat ini Utomocorp juga sudah memiliki pabrik perakitan di Kawasan Tangerang, serta menjadi pemasok untuk distribusi produk Italjet ke kawasan Asia Tenggara.

Harga Motor Listrik Energica (on the road):

- Energica Eva EsseEsse9: Rp 1,1 miliar
- Energica Eva Ribelle: Rp 1,3 miliar
- Energica Ego+: Rp 1,3 miliar

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT