Usai Jajal Toyota Kijang Innova Listrik di IIMS 2022, Airlangga Bilang Begini

ADVERTISEMENT

Usai Jajal Toyota Kijang Innova Listrik di IIMS 2022, Airlangga Bilang Begini

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 31 Mar 2022 14:40 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuka pameran IIMS Hybrid 2022. Dalam kesempatan itu, ia juga menjajal mobil listrik Kijang Innova EV Concept.
Airlangga Hartarto menjajal Toyota Kijang Innova listrik di IIMS 2022. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pameran IIMS 2022 menghadirkan banyak kejutan. Salah satunya adalah kemunculan mobil listrik Toyota yang berbasis dari Kijang Innova.

Mobil listrik ini dinamakan Toyota Kijang Innova BEV (Battery Electric Vehicle) Concept Study Car. Toyota Kijang Innova EV Concept hadir dengan warna serba putih, dengan sentuhan grafis warna biru, serta logo Toyota krom dilapis warna biru. Ciri khas mobil listrik di Innova EV ini tampak dari bagian grille yang tertutup rapat.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengatakan proyek Kijang Innova BEV concept study car bertujuan mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi.

"Lewat produk ini Toyota Indonesia dapat merealisasikan transfer pengetahuan, inovasi teknologi, dan peningkatan kemampuan SDM industri otomotif kepada seluruh rantai pasok hingga para akademisi yang selaras dengan moto Toyota Indonesia We Make People Before We Make Product".

Mobil ini sudah dipajang di Hall D JIExpo Kemayoran.Selain tampil di etalase pameran, Toyota Kijang Innova EV Concept ini juga sempat dicoba di area test drive oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Airlangga duduk di kursi kemudi Innova EV dan didampingi sejumlah pejabat. Mereka mencoba mobil listrik ini dari halaman test drive dekat Hall D hingga ke pelataran Hall A. Airlangga pun menyampaikan kesannya mengendarai mobil listrik tersebut.

"Mobil listrik ini prospeknya sangat baik. Dan seperti yang ditumpangi (saya) saat sekarang, ini adalah Innova Electric," kata Airlangga di booth Toyota di Hall D, JIExpo, Kemayoran.

"Innova (listrik) adalah mobil yang akan diproduksi dalam negeri dan ini full electric," sambungnya lagi.

Menurut Airlangga, pada dasarnya Innova adalah mobil keluarga yang sangat nyaman dikendarai. Dan kendati disuntik energi listrik, Innova tetap nyaman dipakai.

"Tadi (saya) test drive, rasanya sangat nyaman. Dan ini kendaraan family. Jadi ini kendaraan family pertama yang elektrik," sambung politisi Partai Golkar itu.

"(Dan efisiensi BBM-nya) 10 sampai 15%. Jadi kalau harga BBM Rp 16.000, ini listriknya setara dengan 1,5 kWh, itu harganya sekitar Rp 1.200. Ngecas kalau malam, malah (dapat) diskon 30%," bilangnya lagi.



Simak Video "Wow! Toyota Kijang Innova Listrik Muncul di IIMS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT