Toyota Pamer Mobil Listrik Mungil di IIMS 2021, Sudah Siap Dijual?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 16 Apr 2021 13:32 WIB
Toyota C+Pod di IIMS 2021
Toyota C+Pod muncul di IIMS 2021 (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Toyota Astra Motor (TAM) ikut meramaikan gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, 15-25 April yang bertempat di Hall D1 JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Salah satu kendaraan yang dibawa ialah mobil listrik battery electric vehicles (BEV) Toyota C+Pod.

"Keikutsertaan pada ajang IIMS 2021 ini menjadi sangat spesial bagi Toyota karena bertepatan dengan peringatan 50 tahun Toyota Indonesia. Kami juga ingin meneguhkan komitmen untuk selalu menghadirkan Total Mobility Solution dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dan mendukung pemulihan industi otomotif nasional, serta keinginan positif pemerintah untuk percepatan pengembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia," kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.

Seperti diketahui C+Pod sudah digunakan oleh masyarakat dan turis di dalam kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya. Dipamerkan di IIMS 2021, apakah mobil listrik imut ini sudah bisa dibeli masyarakat umum?

Toyota C+Pod di IIMS 2021Toyota C+Pod di IIMS 2021 Foto: Ridwan Arifin/detikOto

"Untuk saat ini belum dijual, C+pod baru bisa dipakai di Bali," kata seorang wiraniaga saat ditemui detikcom di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (16/4/2021).

Toyota C+ POD mengusung dimensi 2.490 mm, lebar 1.290 mm dan tinggi 1.550 mm, mobil ini sedikit lebih besar dari model i-ROAD (EV roda tiga) dan lebih pendek serta kurang lebar dari Smart ForTwo EQ.

Toyota C +POD ini hanya bisa membawa satu sopir dan satu penumpang, di atas kertas C+ POD dibekali motor listrik (12,3 hp / 56 Nm) dan paket baterai lithium-ion berkapasitas 9,06 kWh, dan memungkinkan jarak pengoperasian 150 km untuk sekali pengisian penuh.

Toyota C+Pod di IIMS 2021Toyota C+Pod di IIMS 2021 Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Seperti diketahui, Toyota menghadirkan ekowisata yang terintegrasi dengan produk-produk elektrifikasi Toyota melalui project EV Smart Mobility di Bali.

Di dalam project EV Smart Mobility tersebut, Toyota menyiapkan 3 line up kendaraan elektrifikasi Toyota, baik yang menggunakan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Secara total, terdapat 30 unit kendaraan elektrifikasi Toyota yang dapat digunakan oleh masyarakat yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Bagaimana cara menggunakannya? Menurut Toyota, untuk dapat menggunakan layanan pada project EV Smart Mobility, Anda bisa datang langsung ke station di depan central parkir The Nusa Dua (di depan Bali Collection) atau ke station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua. Selain itu, EV Smart Mobility juga dapat diakses secara digital melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go.

Pada public day IIMS 2021Toyota menghadirkan tidak kurang dari 11 unit kendaraan dari berbagai segmen seperti MPV, SUV, hatchback, sedan, dan lain-lain. Semuanya ditampilkan dalam 4 zona yaitu:

- Adventure Zone: Fortuner 4x2 TRD A/T Diesel, Rush TRD A/T, Veloz A/T, Avanza G A/T
- Fun to Drive Zone : Agya TRD A/T, Yaris TRD A/T
- Electrification Zone : Corolla Cross HEV, C+Pod
- Family Zone: Kijang Innova V A/T, Sienta Welcab, Calya G A/T



Simak Video "Kenalkan si 'Bledhex', Komodo Listrik Buatan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)