Jumat, 25 Okt 2019 19:46 WIB

Laporan dari Tokyo

Jelajahi Museum Suzuki, Ada Jimny Generasi Pertama Hingga Alat tenun

Mochamad Zhacky - detikOto
Foto: Mochammad Zhacky/detikcom Foto: Mochammad Zhacky/detikcom
Tokyo - Museum bukanlah tempat yang menyeramkan untuk dikunjungi. Misalnya museum Suzuki yang diyakini bisa membuat pecinta otomotif senang bukan kepalang.

Ya, siapa sangka bisa melihat Jimny generasi pertama. Pecinta Jimny yang belum melihat pastinya penasaran.



detikcom berkesempatan mengunjungi museum Suzuki yang berada di Suzuki Plaza, Hamamatsu, Jepang. Di sana tempat di mana kita bisa melihat Jimny yang pertama kali diproduksi.

"Ini generasi Jimny pertama. Tepatnya tahun 1970," General Manager Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales, Ei Mochizuki di lokasi, Kamis (24/10/2019).

Suzuki Jimny generasi pertamaSuzuki Jimny generasi pertama Foto: Mochammad Zhacky


Tidak hanya Jimny generasi yang dipamerkan. Jimny generasi kedua yakni yang diproduksi tahun 1979 juga dipamerkan. Namun memang Jimny yang dipamerkan sudah direstorasi.

Selain itu, di museum Suzuki juga memajang alat tenun pertama yang diproduksi Suzuki. Memang awalnya, Suzuki bukanlah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, melainkan tekstil dengan memproduksi alat tenun di bawah naungan Suzuki Loom Manufacturing Company (SLMC).

Museum Suzuki Museum Suzuki Foto: Mochammad Zhacky/detikcom


"Namun karena saat itu perang dunia kedua sedang melanda, proyek itu terbengkalai," tutur Mochizuki.



Usai perang dunia kedua SLMC memulai lagi usahanya, namun, tak secemerlang sebelum perang. Melihat kondisi tersebut, Michio memantapkan niat untuk mengalihkan bisnisnya dari mesin tenun ke transportasi.

"Tahun 1952, Michio merilis 'Power Free' sepeda dengan mesin motor yang menggunakan mesin buatan Suzuki dengan kualitas tinggi," ucap Mochizuki.

Museum SuzukiMuseum Suzuki Foto: Mochammad Zhacky/detikcom


Pada tahun 1954, Suzuki merilis sepeda motor pertamanya Colleda. Selain merilis Colleda, Suzuki juga merilis seri mobil Suzulight yang menjadi cikal bakal mobil penumpang Suzuki.

Simak Video "Tung, Truntung, Tung! Komunitas Mobil Truntung Resmi Berdiri"
[Gambas:Video 20detik]
(zak/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com