Selasa, 07 Agu 2018 13:24 WIB

Studi Mobil Hybrid di RI, Tekan Konsumsi BBM Sampai 85 Persen

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi mobil ramah lingkungan Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi mobil ramah lingkungan Foto: Agung Pambudhy
Tangerang - Indonesia yang menggandeng kalangan akademisi melakukan kajian ilmiah soal mobil ramah lingkungan di Indonesia. Dalam studi ini, dibandingkan antara mobil bermesin bakar, mobil hybrid, dan mobil plug-in hybrid.



Agus Purwadi Kepala Program Kendaraan Elektrik Indonesia dari Institut Teknogi Bandung mengatakan, pihaknya melakukan studi terhadap tiga jenis kendaraan. Adapun tiga jenis kendaraan yang terlibat itu adalah mobil bermesin bakar dengan kapasitas 1.798 cc, mobil hybrid dengan tambahan motor elektrik 53 kW, serta mobil plug-in hybrid dengan tambahan motor elektrik 53 kW dan generator elektrik 22,5 kW.

Tiga jenis mobil itu sudah diuji di Bandung. Pengujian dilakukan dengan kondisi harian saat jam sibuk (siang dan malam) dengan jarak dekat dan menengah. Di bawah ini merupakan hasil sementara pengujian tiga jenis kendaraan tersebut di wilayah Bandung.



"Hasil sementara, konsumsi bahan bakar untuk kendaraan (konvensional) bermesin bakar sebesar 10,2 km/liter. Tapi untuk kendaraan hybrid, naik menjadi 22,7 km/liter. Dan plug-in hybrid sangat mengejutkan, angka efisiensi bahan bakarnya sangat tinggi mencapai 56,7 km/liter," kata Agus dalam acara Gaikindo International Automotive Conference di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Selasa (7/8/2018).



Dari hasil pengujian sementara di Bandung, jika diasumsikan per tahun sebuah mobil menjangkau jarak 10.000 km, mobil bermesin bakar mengonsumsi bahan bakar sebanyak 983,2 liter. Sementara mobil hybrid mengkonsumsi 440,4 liter untuk penggunaan 10.000 km dalam setahun, dan mobil plug-in hybrid hanya 176,4 liter.

"Artinya, kendaraan hybrid mengurangi konsumsi bahan bakar sampai 45 persen, dan kendaraan plug-in hybrid mereduksi konsumsi bahan bakar sampai 82 persen. Artinya kita juga bisa mengurangi efek polusi," kata Agus.




Tonton juga 'Lexus LS+ Concept, Mobil Masa Depan yang Ikut Mejeng di GIIAS 2018':

[Gambas:Video 20detik]



Studi Mobil Hybrid di RI, Tekan Konsumsi BBM Sampai 85 Persen
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed