Senin, 29 Okt 2018 16:26 WIB

KTM Road Warriors 2018

Respons Warga Rengasdengklok Lihat Motor Eropa

Ruly Kurniawan - detikOto
Road Warriors KTM ke Rumah Sejarah Rengasdengklok. Foto: Pradita Utama Road Warriors KTM ke Rumah Sejarah Rengasdengklok. Foto: Pradita Utama
Karawang -

[Gambas:Video 20detik]


Pada perjalanan KTM Road Warriors 2018 hari kedua, rombongan menyempatkan diri untuk bertolak ke rumah pengasingan Ir Soekarno di Rengasdengklok, Kabupaten Karawang sebelum lanjut gas ke Cirebon. Sesampainya di sana, tim mendapat sambutan hangat dari tuan rumah yakni keluarga Djiauw Kie Siong.

Gelak tawa dibalut berbagai informasi pra-kemerdekaan jadi bumbu utama pada kunjungan ini. Rombongan pun diajak untuk melihat sekeliling rumah.

Ada beberapa hal menarik dari perbincangan tersebut yakni warga sekitar masih cukup asing dengan kendaraan Eropa. Tak terkecuali motor KTM yang berasal dari Austria, yang tim KTM Road Warriors 2018 bawa.



"Setelah Bung Karno memerdekakan Indonesia, banyak orang yang datang ke rumah. Bertanya tentang dokumen yang waktu itu memang berserakan. Ada juga beberapa Noni Belanda dengan mobil dan helikopter yang datang, itu sekitaran tahun 1950-an. Kami sangat asing sekali dengan kendaraan tersebut sampai dilihat betul-betul," ujar Djauw Kwin Moy, sang cucu Djiaw Kie Siong yang sekaligus mengelola rumah kepada detikOto, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

"Karena kendaraan masih aneh bagi kami waktu itu. Sekarang pun masih, namun sudah mending. Seperti motor Mas sekarang ini, unik," lanjutnya.



Memang, sepanjang perjalanan ke rumah tersebut banyak mata yang tertuju ke tunggangan KTM Road Warriors 2018. Begitu pula dengan yang bertanya langsung.

"Motor apa nih Mas? Baru ya?" tanya salah satu warga.

Namun, bukan berarti warga Kabupaten Karawang tertinggal. detikOto beberapa kali juga melihat Kawasaki Ninja, Yamaha Nmax, hingga Honda Vario 125 terbaru. Tapi untuk motor Eropa, tampaknya masih jadi pemandangan baru bagi mereka. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed