Sama-sama Rp 20 Jutaan, Ini Komparasi Yamaha Grand Filano dan Honda Scoopy

ADVERTISEMENT

Sama-sama Rp 20 Jutaan, Ini Komparasi Yamaha Grand Filano dan Honda Scoopy

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 25 Jan 2023 10:43 WIB
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.
Yamaha Grand Filano Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pilihan motor skutik bergaya retro modern semakin ramai dengan hadirnya Yamaha Grand Filano Hybrid Connected. Motor ini berada di atas Yamaha Fazzio Hybrid Connected, yang diprediksi bisa menjadi lawan tangguh bagi Honda Scoopy.

Kedua motor ini sama-sama menggoda anak muda. Sebenarnya Yamaha Fino sudah bertarung lebih dulu di kelas ini untuk melawan Honda Scoopy, tapi Yamaha menyebut Fazzio dan Grand Filano berada di kategori baru "Classy".

Tapi bagi kamu yang memiliki budget Rp 20 jutaan dan sedang menimbang antara Honda Scoopy atau Yamaha Grand Filano Hybrid Connected, berikut ini komparasinya.

Desain

Bicara desain memang selera masing-masing konsumen, namun kedua motor ini punya garis bahasa yang sama, yakni retro modern.

Tarikan desain bodi dari Fazzio dan Grand Filano sedikit berbeda namun sama-sama mengusung tema retro modern ala-ala skutik Eropa yang fashionable. Nah, diperhatikan lebih lanjut Grand Filano cenderung lebih membulat dari Yamaha Fazzio.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy

Headlamp LED dari kedua motor ini juga sama-sama dipasang pada area setang. Bedanya bentuk Grand Filano ada tarikan garis yang lancip, sedangkan Yamaha Fazzio total bulat.

Sementara lawannya, Honda Scoopy juga kental dengan aura retro modern. Soal tampilan, lampu depan dan belakang All New Honda Scoopy mendapat desain terbaru berbentuk oval dengan kombinasi sistem.

Generasi ke-5 Honda Scoopy.Honda Scoopy Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)

Mesin dan dimensi

Secara dimensi Yamaha Grand Filano Hybrid Connected memiliki panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.155 mm. Tangki bahan bakar minyak (BBM) motor ini 4,4 liter, lebih kecil dari Fazzio, yang ukurannya 5,1 liter.

Soal dapur pacunya, Yamaha Grand Filano di atas kertas memiliki kapasitas 124,86 cc. Motor ini bisa memuntahkan tenaga 6,1 kW di 6.500 rpm dan torsi maksimum 10,4 Nm di 5.000 rpm.

Menariknya Grand Filano punya fitur hybrid. Sederhananya, Yamaha menjelaskan teknologi hybrid ini bisa mendapatkan akselerasi awal yang bertenaga dan halus dengan power assist yang bersumber dari baterai. Tarikan awal itu terbantu selama 3 detik pertama dari 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start, yang diklaim bermanfaat saat membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Melirik dimensi Honda Scoopy, tubuhnya tetap kompak di mana motor ini punya panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1.075 mm. Jarak terendah ke tanah adalah 145 mm. Sedangkan bobot dari Honda Scoopy diketahui 95 kg dan 94 kg (tipe Smartkey).

Sementara bicara kapasitas tangki, Honda Scoopy ternyata lebih kecil dari Yamaha Grand Filano Hybrid Connected. Motor 110 cc ini bisa menampung 4,2 liter.

Honda Scoopy masih mengandalkan mesin 4 - Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP 110 cc. Mesin itu mampu memuntahkan tenaga hingga 6,6 kW / 7.500 rpm dengan torsi maksimal 9,3 Nm / 5.500 rpm

Fitur dan akomodasi

Kedua motor ini sama-sama dibekali Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) yang hadir terintegrasi dengan Answer Back System.

Selain itu, Honda Scoopy dan Yamaha Grand Filano dibekali USB Charger model terbaru pada console box untuk pengisian baterai ponsel secara praktis.

Kepraktisan lain, Grand Filano dibekali sistem double hookcarabiner atau gantungan ganda seperti di Yamaha Gear 125. Sedangkan Scoopy juga punya pengait barang di bawah setang.

Pada Honda Scoopy punya fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Sedangkan Fazzio juga dibekali dengan Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor tidak digunakan setelah 5 detik sehingga lebih menghemat bahan bakar.

Menariknya Grand Filano sudah dibenamkan teknologi Y-Connected yang bisa terintegrasi dengan smartphone.

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected memiliki kapasitas tangki penyimpanan barang di bawah jok 27 liter. Selain kepraktisan, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected memberikan kenyamanan berkendara bersama penumpang dengan memiliki desain footstep, serta lampu Hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Untuk menunjang mobilitas sehari-hari perlu ditunjang akomodasi, Honda Scoopy memiliki bagasi dengan luas sebesar 15,4 liter.

Varian Harga

Ada dua varian yang ditawarkan pada Yamaha Grand Filano, yakni LUX dan NEO. Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected LUX dengan desain jok premium untuk karakter pengendara lebih elegan dan mewah memiliki 2 (dua) pilihan warna premium, di antaranya LUX White Pearl dan LUX Matte Blue, yang dipasarkan dengan harga Rp 27,500,000 OTR Jakarta.

Kemudian Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected NEO dengan pilihan 4 (empat) pilihan warna lebih beragam, diantaranya NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black yang dipasarkan dengan harga Rp 27,000,000 OTR Jakarta.

Sedangkan Honda Scoopy ditawarkan dengan 4 varian yakni Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish. Berikut daftarnya:

- Scoopy Fashion Rp. 20.475.000
- Scoopy Sporty Rp. 20.475.000
- Scoopy Prestige Rp. 21.275.000
- Scoopy Stylish Rp. 21.275.000



Simak Video "Kenapa Harga Mobil Chery Lebih Mahal dari Brand China Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT