Spesifikasi Yamaha Grand Filano Hybrid di Indonesia: Mesin, Fitur, Performa, Harga

ADVERTISEMENT

Spesifikasi Yamaha Grand Filano Hybrid di Indonesia: Mesin, Fitur, Performa, Harga

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 17 Jan 2023 20:12 WIB
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected. Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli juga ikut meramaikan peluncuran Grand Filano Hybrid Connected yang berlangsung di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).
Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected resmi rilis di Indonesia, Selasa (17/1/2023). Skutik fashionable ini punya sedikit perbedaan dari yang diluncurkan dengan Thailand.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis Grand Filano Hybrid Connected untuk melengkapi jejeran "Classy Yamaha". Sebelumnya di segmen ini sudah ditempati oleh Yamaha Fazzio. Grand Filano yang dijual di Indonesia sudah diproduksi di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Berikut detikOto rangkum desain, fitur, spesifikasi hingga harga skuter matik baru tersebut.

Desain

Desain dari Yamaha Grand Filano Hybrid Connected mengusung tema "The Next Level of Fashion". Yamaha menyebut Grand Filano merupakan motor skutik dengan tema mewah dan elegan.

Kendati begitu, Grand Filano Hybrid Connected tetap mengusung konsep ala retro modern. Motor Misalnya perawakan mungil dengan aksen membulat di sejumlah bagian. Lampu utama atau headlamp-nya sementara sepasang sein berbentuk vertikal tertanam lebih ke bawah atau dekat fairing.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy

Sedangkan di bagian tengah hingga ke belakang, ada sejumlah detail yang mungkin mengingatkan kita dengan Yamaha Fino di pasar Indonesia.

Menariknya Grand Filano Hybrid Connected mengadopsi tangki pengisian bensin berada di area dek depann seperti Yamaha Freego.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.Tangki Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy

Fitur

Skutik baru Yamaha itu telah dilengkapi berbagai fitur kekinian, mulai dari pencahaan full LED, panel instrumen LCD dengan layar TFT, soket pengisian daya ponsel, start stop system (SSS), dan smart keyless system (SKS).

Bukan hanya itu, Grand Filano baru juga memiliki fitur konektivitas bernama Y-Connect yang bisa menghubungkan kendaraan dengan ponsel pintar atau smartphone. Lewat fitur itu, pemilik motor bisa memantau informasi secara realtime soal kondisi kendaraan, notifikasi telepon dan pesan, konsumsi bahan bakar, penunjuk arah parkir, dan masih banyak lagi.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.Skutik Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy

Selanjutnya Grand Filano Hybrid Connected memiliki fitur Hybrid seperti di Yamaha Fazzio. Pada mesin Hybrid Blue Core 125 ini, electric power assist start yang bersumber dari daya baterai (aki) berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada tiga detik pertama. Tenaga dihasilkan dari gabungan mesin dan electric power assist sehingga bisa membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Untuk Yamaha Grand Filano di Indonesia belum dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Unified Brake System (UBS) seperti di Thailand.

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected memiliki kapasitas tangki penyimpanan barang di bawah jok 27 liter. Selain kepraktisan, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected memberikan kenyamanan berkendara bersama penumpang dengan memiliki desain footstep, serta lampu Hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Mesin dan dimensi

Secara dimensi Yamaha Grand Filano Hybrid Connected memiliki panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.155 mm. Tangki bahan bakar minyak (BBM) motor ini 4,4 liter, lebih kecil dari Fazzio, yang ukurannya 5,1 liter.

Soal dapur pacunya, Yamaha Grand Filano di atas kertas memiliki kapasitas 124,86 cc. Motor ini bisa memuntahkan tenaga 6,1 kW di 6.500 rpm dan torsi maksimum 10,4 Nm di 5.000 rpm.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.Bagasi Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy

Selanjutnya di area kaki-kaki, Yamaha Grand Filano menggunakan ban tapak lebih lebar dengan ukuran ban depan dan ban belakang 110/70 - 12 inch.

Varian dan Harga

Ada dua varian yang ditawarkan, yakni LUX dan NEO. Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected LUX dengan desain jok premium untuk karakter pengendara lebih elegan dan mewah memiliki 2 (dua) pilihan warna premium, di antaranya LUX White Pearl dan LUX Matte Blue, yang dipasarkan dengan harga Rp 27,500,000 OTR Jakarta.

Kemudian Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected NEO dengan pilihan 4 (empat) pilihan warna lebih beragam, diantaranya NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black yang dipasarkan dengan harga Rp 27,000,000 OTR Jakarta.



Simak Video "Dijual Mulai Rp 27 Juta, Ini Wujud Cantik Yamaha Grand Filano"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT