Yamaha Grand Filano Selisih Rp 5 Jutaan dari Fazzio: Mesin Sama, Apa Bedanya?

ADVERTISEMENT

Yamaha Grand Filano Selisih Rp 5 Jutaan dari Fazzio: Mesin Sama, Apa Bedanya?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 19 Jan 2023 07:58 WIB
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected. Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli juga ikut meramaikan peluncuran Grand Filano Hybrid Connected yang berlangsung di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).
Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Yamaha Indonesia resmi memperkenalkan Grand Filano Hybrid Connected. Motor yang masuk kategori "Classy Yamaha" ini menemani Fazzio, namun selisih harganya Rp 5 jutaan lebih tinggi. Berikut ini perbedaan Yamaha Grand Filano Hybrid Connected dibanding Fazzio Hybrid Connected.

Beda desain dan fitur

Tarikan desain bodi dari Fazzio dan Grand Filano sedikit berbeda namun sama-sama mengusung tema retro modern ala-ala skutik Eropa yang fashionable. Nah, diperhatikan lebih lanjut Grand Filano cenderung lebih membulat dari Yamaha Fazzio.

Headlamp dari kedua motor ini juga sama-sama dipasang pada area setang. Bedanya bentuk Grand Filano ada tarikan garis yang lancip, sedangkan Yamaha Fazzio total bulat.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy

Masih dilihat dari area depan, Yamaha Fazzio menggunakan jenis spion sepeda motor pada umumnya, seperti terlihat pada Mio Series. Sedangkan Grand Filano lebih fashionable, tak sekadar kaca yang dikasih cover, mengikuti desain utama dari motor.

Oiya bagian depan Grand Filano juga berbeda dari Fazzio. Motor terbaru Yamaha ini menggunakan tameng depan yang memanjang dan tarikan garis yang cenderung bergelombang. Pun bagian belakangnya, Grand Filano Hybrid seperti membentuk ujung 'sendok'.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected merupakan motor pertama di kelas 125 cc yang mengusung teknologi hybrid.Yamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Rifkianto Nugroho

Sedangkan tampilan panel instrumen dari Grand Filano lebih berwarna dengan TFT (Thin Film Transitor). Ada tampilan skuter dengan logo setrum, jika hybrid aktif logo tersebut bakal kedap-kedip.

Tampil dengan desain yang lebih segar dipandang, Fazzio dan Grand Filano juga dilengkapi sederet fitur yang sama, yakni fitur lampu hazard, konektivitas Y-Connect, dan teknologi Blue Core Hybrid.

Beda akomodasi

Soal akomodasi, area penyimpanan Grand Filano lebih lapang dari Fazzio. Motor 125 cc ini diklaim bisa menampung 27 liter, sedangkan Fazzio cuma 17,8 liter. Selebihnya untuk mendukung akomodasi, kedua motor ini memiliki hook carabiner, open pocket di sebelah kanan, dan socket charger.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected merupakan motor pertama di kelas 125 cc yang mengusung teknologi hybrid.Akomodasi Fazzio Foto: Rifkianto Nugroho

Cara pengisian bensinnya berbeda dari Fazzio, kalau Grand Filano ini seperti Freego, yakni lubang pengisian mulut tangkinya berada di area depan sebelah kiri. Kapasitasnya 4,4 liter, sedangkan Yamaha Fazzio lebih besar, yakni 5,1 liter.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.Yamaha Grand Filano Foto: Agung Pambudhy

Beda dimensi dan bobot

Secara dimensi Yamaha Grand Filano Hybrid Connected memiliki panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.155 mm. Perbedaan dari Fazzio hanya tingginya saja, kalau Fazzio punya tinggi 1.125 mm. Selanjutnya ground clearance atau jarak terendah ke tanah Fazzio 135 mm, sedangkan Grand Filano lebih pendek, yakni 125 mm.

Sedangkan bobot lebih berat dari Fazzio, motor skutik itu punya berat 95 kilogram. Yamaha Grand Filano memiliki bobot 100 kg, atau 5 kg lebih berat.

Sisanya di area kaki-kaki, Yamaha Grand Filano menggunakan ban dan velg yang sama dengan Fazzio, yakni dengan ukuran ban depan dan ban belakang 110/70 - 12 inch.

Beda performa

Yamaha Grand Filano punya bobot yang lebih berat, namun basis mesin yang sama dengan Fazzio. Di atas kertas performa motor ini memiliki sedikit perbedaan.

Misalnya Fazzio, motor ini diklaim bisa memuntahkan tengah 6,2 kW di 6.500 rpm, dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm. Bandingkan dengan Grand Filano, motor itu bisa mengeluarkan tenaga 6,1 kW di 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm.

Beda harga

Yamaha memasarkan kedua tipe motor itu dengan harga yang berbeda. Selisih Fazzio dan Granda Filano Neo Rp 5.110.000, sedangkan model Lux di antara keduanya berbeda Rp 5.310.000.

Berikut ini daftar harga Fazzio dan Grand Filano dari website resmi Yamaha:

Fazzio Hybrid Connected

  • Fazzio Hybrid Connected Neo Rp 21.890.000
  • Fazzio Hybrid Connected Lux Rp 22.190.000

Grand Filano Hybrid Connected

  • Grand Filano Hybrid Connected Neo Rp 27.000.000
  • Grand Filano Hybrid Connected Lux Rp 27.500.000


Simak Video "Dijual Mulai Rp 27 Juta, Ini Wujud Cantik Yamaha Grand Filano"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT