Beda dari Thailand, Grand Filano Hybrid di Indonesia Tak Pakai Rem ABS dan UBS

ADVERTISEMENT

Beda dari Thailand, Grand Filano Hybrid di Indonesia Tak Pakai Rem ABS dan UBS

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 18 Jan 2023 10:06 WIB
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis motor classy terbaru, Grand Filano Hybrid Connected di St Regis Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). Grand Filano Hybrid Connected menawarkan desain skutik retro kekinian. Skutik ini hadir dengan konsep premium fashion yang mengingatkan kita dengan skuter-skuter besutan Italia.
Yamaha Grand Filano Hybrid Connected Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Yamaha Indonesia mengikuti jejak Thailand dengan meluncurkan Grand Filano Hybrid Connected. Motor bernuansa retro modern ini secara umum sama dengan Grand Filano Hybrid yang dipasarkan di Thailand, tetapi hanya dua fitur yang tidak ada di Indonesia.

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected dipasarkan di Indonesia dengan dua varian berdasarkan karakter warnanya, yakni Neo untuk warna glossy dan Lux untuk warna doff. Sedangkan di Thailand dibedakan dengan pilihan model ABS dan tanpa ABS.

Di Indonesia Yamaha Grand Filano Hybrid Connected belum dilengkapi fitur Anti lock Braking System (ABS). Padahal di kelas motor 125 cc, Yamaha sudah membenamkan fitur tersebut pada Yamaha Freego.

President Director dan CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti mengungkap alasan Yamaha Grand Filano Hybrid Connected tidak dilengkapi fitur ABS.

"Berdasarkan penelitian kita, bukan dipakai untuk kecepatan tinggi. Sehingga kita munculkan produk kita lebih ke fashion, dan target kita berbeda lebih high class lah. Sehingga tidak perlu ABS," kata Dyon saat konferensi pers, Selasa (17/1/2023).

Secara umum, fitur Yamaha Grand Filano Hybrid Connected di Indonesia dan Thailand mirip-mirip, di antaranya motor ini sudah dibekali dengan Smart Key System dan Answer Back, teknologi Y-Connected yang bisa terintegrasi dengan smartphone.

Sementara untuk menunjang mobilitas, Fazzio 125 Hybrid Connected sudah dibekali dengan kapasitas bagasi 27 liter, double hook carabiner, open pocket di sebelah kanan, dan pengisian BBM berada di area dek sebelah kiri.

Saat melirik area kaki-kaki velgnya pakai desain palang enam ring 12 dengan ukuran ban 110/70 pada depan dan belakang.

Hanya saja di Thailand sudah dibekali fitur UBS (Unified Brake System). Sistem rem terpadu ini bisa menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Fitur ini bekerja saat rem belakang ditarik. Mirip-mirip dengan Combi Brake System (CBS) yang ada di Honda.

"UBS adalah peraturan dari Thailand, sedangkan di Indonesia belum diperlukan," kata Dyon.

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected di Thailand dan Indonesia dilengkapi dengan mesin Blue Core Hybrid. Melalui teknologi ini diklaim bisa mendapatkan akselerasi awal yang bertenaga dan halus dengan power assist yang bersumber dari baterai atau aki.

Tarikan awal itu terbantu selama 3 detik pertama dari 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start, yang diklaim bermanfaat saat membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Soal harga Yamaha Grand Filano Hybrid Connected LUX dengan desain jok premium dipasarkan dengan harga Rp 27,5 juta . Kemudian Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected NEO dibanderol Rp 27 juta OTR Jakarta.

Kalau dibandingkan dengan Thailand, harga yang dijual di Indonesia lebih kompetitif. Grand Filano Hybrid Connected ABS itu dijual 69.200 baht atau sekitar Rp 31,8 jutaan ( 1 baht = 459), sedangkan Grand Filano standar 64.700 baht atau setara Rp 29,7 jutaan.



Simak Video "Dijual Mulai Rp 27 Juta, Ini Wujud Cantik Yamaha Grand Filano"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT