Ducati Mulai Produksi Motor Listrik V21L Buat Balap MotoE 2023

ADVERTISEMENT

Ducati Mulai Produksi Motor Listrik V21L Buat Balap MotoE 2023

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 18 Jan 2023 19:08 WIB
Motor listrik prototipe Ducati V21L
Ducati V21L. Foto: Dok. Ducati
Jakarta -

Ducati tampaknya ingin mendominasi balapan di berbagai kelas utama. Usai menjuarai MotoGP dan WSBK 2022, Ducati kini bakal menjadi pemasok tunggal di kejuaraan balap motor listrik MotoE 2023. Pabrikan asal Borgo Panigale, Italia itu pun sudah mulai memproduksi superbike listrik mereka, V21L.

Dikutip dari laman Visordown, Ducati menggantikan posisi Energica sebagai pemasok motor listrik di ajang MotoE. Hal ini menjadi sejarah bagi Ducati, sekaligus menegaskan komitmen mereka terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Ducati sebelumnya sudah melakukan pengujian terhadap V21L sejak tahun 2022 lalu. Michele Pirro, Chaz Davies, dan Alex De Angelis ditunjuk sebagai penguji motor listrik itu. Di awal 2023, Ducati mulai memproduksi V21L.

"Produksi awal Ducati MotoE adalah momen bersejarah bagi perusahaan kami. Dengan proyek ini kami belajar secara menyeluruh mengenai teknologi masa depan dunia motor. Ini adalah bidang eksperimen penting, di mana kami berinvestasi untuk membangun pengetahuan, sehingga kami akan siap ketika teknologi baterai memungkinkan terciptanya motor listrik untuk jalan raya umum, yang menarik, dengan bobot, performa, dan jangkauan yang diharapkan para penggemar," kata CEO Ducati, Claudio Domenicali.

Ducati V21LDucati V21L Foto: Dok. Ducati

Di atas kertas, motor listrik ini ditenagai baterai berkapasitas 18 kWh dengan port socket 20 kW. Ducati V21L bisa mengeluarkan tenaga maksimal hingga 150 dk, yang mampu dipacu hingga kecepatan 275 km/jam. Torsi motor ini juga sangat besar, mencapai 139,6 Nm.

Ducati V21L akan menjalani debut publiknya di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 6-8 Maret 2023, sebelum kemudian melakukan tes tiga hari pada 3-5 April di Barcelona. Balapan pertama musim 2023 akan digelar pada 13 Mei di Le Mans, berbarengan dengan MotoGP Prancis.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT