Moge Minta Masuk Tol Cuma Bentuk Arogansi?

ADVERTISEMENT

Moge Minta Masuk Tol Cuma Bentuk Arogansi?

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 14 Jan 2023 08:05 WIB
Ilustrasi Fokus Moge Masuk Tol
Foto: Ilustrasi Moge
Jakarta -

Pengguna motor gede (moge) masih menginginkan untuk bisa masuk jalan tol. Namun, usulan moge masuk jalan tol ini menuai pro-kontra.

Irianto Ibrahim, selaku Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI) mengatakan, salah satu alasan pihaknya meminta moge bisa masuk tol adalah untuk menghindari polemik yang terjadi ketika berpapasan dengan masyarakat atau pengguna jalan lain di jalan non-tol.

"Dan juga untuk mengurangi masyarakat yang marah-marah kalau kita lewat," kata dia.

Irianto menambahkan, diizinkannya moge masuk tol juga dapat menambah devisa negara. Pasalnya alam Indonesia bisa menarik para wisatawan yang kebetulan pengendara moge untuk melakukan touring. Sayangnya, kebijakan motor dilarang motor masuk tol, membuat rekan-rekannya itu mengurungkan niat untuk touring di Indonesia.

"Dengan adanya Harley atau moge masuk tol, itu kan bisa memacu pariwisata dan mendapatkan devisa buat negara," tambah dia.

Diungkapkannya, pemilik moge juga sudah memberikan pendapatan buat negara karena pajak motor gede yang lebih tinggi dibanding motor atau kendaraan lain.

"Kita ini sudah bayar pajak belasan juta ke pemerintah setahun, masa kita (nggak) kasih prioritas, giliran sepeda (bangun jalur) aja, sampai mengeluarkan anggaran puluhan miliar aja (pemerintah) mau kok," ujar dia.

Namun, Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan menilai, besaran pajak tidak berpengaruh terhadap boleh atau tidaknya moge masuk tol. Untuk saat ini, peraturan di Indonesia hanya membolehkan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di jalan tol, kecuali jalan tol tertentu seperti di Bali dan Suramadu yang jalur khusus sepeda motor dipisah dengan jalur kendaraan roda empat.

"Masuk tol itu hanya untuk kendaraan bermotor roda 4 dan lebih. Bukan soal karena bayar pajak tinggi atau rendah. Jadi, permintaan pengguna moge untuk bisa masuk tol itu hanya bentuk arogansi dan mentang-mentang," kritik Edison.

"Sebaiknya para pengguna moge yang dipastikan cukup berpendidikan dan memiliki kelebihan baik secara ekonomi, ikut memberikan edukasi kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas masyarakat lebih baik," sambungnya.

Dia bilang, pajak moge yang mahal wajar saja. Jadi, pajak mahal moge menurut Edison tidak bisa dijadikan alasan untuk meminta akses jalan tol.

"Pajak mahal atau murah adalah pilihan. Kalau mau murah pakai motor yang biasa atau cc-nya kecil. Pakai moge kok jadi alasan bisa masuk tol, ngawur itu," kata Edison kepada detikcom, Kamis (12/1/2023).



Simak Video "Moge Enggak Boleh Masuk Tol, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT