Moge Minta Masuk Tol karena Pajaknya Mahal: Kalau Mau Murah Pakai Motor Kecil

ADVERTISEMENT

Moge Minta Masuk Tol karena Pajaknya Mahal: Kalau Mau Murah Pakai Motor Kecil

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 13 Jan 2023 13:21 WIB
Rombongan moge masuk tol di Riau
Foto: Rombongan moge masuk tol di Riau (Istimewa)
Jakarta -

Pengguna motor gede (moge) menginginkan akses untuk bisa masuk jalan tol. Mereka menganggap karena telah membayar pajak mahal.

Irianto Ibrahim, selaku Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI) mengungkapkan alasan di balik usulan motor gede (moge) boleh melintasi jalan tol alias bebas hambatan. Salah satu alasan moge boleh masuk tol adalah untuk menghindari keresahan masyarakat ketika melewati jalur-jalur non-tol.

"Untuk mengurangi masyarakat yang marah-marah kalau kita lewat. Kita tidak minta di jalur tol semua," kata Irianto saat dihubungi detikcom, Rabu (11/3/2023).

Diungkapkannya, pemilik moge juga sudah memberikan pendapatan buat negara karena pajak motor gede yang lebih tinggi dibanding motor atau kendaraan lain.

"Kita ini sudah bayar pajak belasan juta ke pemerintah setahun, masa kita (nggak) kasih prioritas, giliran sepeda (bangun jalur) aja, sampai mengeluarkan anggaran puluhan miliar aja (pemerintah) mau kok," ujar dia.

Tapi, menurut Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan, pajak mahal yang dibayarkan pengguna moge bukan menjadi alasan mereka meminta akses jalan tol. Menurutnya, kalau mau pajak murah pakai motor kecil saja.

"Pajak mahal atau murah adalah pilihan. Kalau mau murah pakai motor yang biasa atau cc-nya kecil. Pakai moge kok jadi alasan bisa masuk tol, ngawur itu," kata Edison kepada detikcom, Kamis (12/1/2023).

Untuk saat ini, aturannya jalan tol hanya digunakan oleh kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Ada juga jalan tol yang bisa diakses sepeda motor, tapi harus dengan jalur terpisah dengan mobil seperti di Bali atau Suramadu.



Simak Video "Moge Enggak Boleh Masuk Tol, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT