Pemoge soal Disiplin Jika Dikasih Masuk Tol: Orang RI Pintar, Apalagi Sudah Beli Harley

ADVERTISEMENT

Pemoge soal Disiplin Jika Dikasih Masuk Tol: Orang RI Pintar, Apalagi Sudah Beli Harley

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 13 Jan 2023 07:40 WIB
Rombongan moge masuk tol di Riau
Foto: Rombongan moge masuk tol di Riau (Istimewa)
Jakarta -

Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI) Irianto Ibrahim berharap motor gede (moge) bisa mendapatkan izin melintas di jalan tol atau bebas hambatan. Bagaimana soal kedisiplinan?

Pria yang disapa Rian ini mengatakan keinginannya untuk bisa masuk tol supaya menghindari polemik ketika berpapasan dengan pengendara lain. Ditambah lagi, mereka yang menunggangi moge umumnya sudah biasa dengan kondisi jalan tol berkat pengalaman touring keliling dunia.

"Jangan terlalu khawatir (soal disiplin), orang Indonesia itu orang pintar semua, bro, apalagi sudah beli Harley," kata Rian saat dihubungi detikcom, Rabu (11/3/2023).

Rian menyebut sudah banyak negara yang mengizinkan motor gede melintas di jalan tol. Di satu sisi jika pemoge diberikan akses tol maka dikhawatirkan bakal terjadi diskriminasi terhadap pengguna roda dua lainnya.

"Masalah diskriminasi, sudah pasti ada, tapi kenapa nggak seperti dari Singapura, Thailand, Malaysia, motor kecil juga boleh masuk kok," kata dia.

Soal motor boleh masuk tol, di Indonesia sampai saat ini memang dilarang untuk kendaraan roda dua, kecuali ada jalur khusus. Saat ini di Indonesia baru ada tiga ruas tol yang mengizinkan motor masuk yakni Tol Suramadu, Tol Bali Mandara, dan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara. Di tiga ruas tol itu, motor memiliki jalur sendiri yang terpisah dari kendaraan roda empat.

"Kalau bikin kayak di Bali, itu terlalu kecil banget, dan sekarang orang Indonesia kalau touring ke luar, itu ratusan orang tiap tahun, nggak ada masalah lewat highway. Itu nggak ada masalah, karena kita sudah kasih edukasi kepada mereka, gitu lho," kata dia.

Rian mengungkapkan tidak meminta semua jalur tol untuk bisa dilewati motor gede. Menurutnya Indonesia saat ini tertinggal dari negara lain yang telah mengizinkan moge masuk tol. Berangkat dari hal itu, dia meminta pemerintah Indonesia memberikan akses itu untuk pengendara moge di Indonesia.

"Udah saatnya sekarang, negara besar Indonesia, Harley saja sudah ratusan ribu motor besar ada di Indonesia," kata dia.

Rian menambahkan, diizinkannya moge masuk tol juga dapat menambah devisa negara. Pasalnya alam Indonesia bisa menarik para wisatawan yang kebetulan pengendara moge untuk melakukan touring. Sayangnya, kebijakan motor dilarang motor masuk tol, membuat rekan-rekannya itu mengurungkan niat untuk touring di Indonesia.

"Yang pasti devisa non pajak, sudah pasti dapat kita, kemarin MBC Asia keliling Indonesia bawa dollar, MBC Belanda, MBC Jerman datang ke situ bawa dollar," kata dia.

Jika moge bisa melintas di jalan tol berpotensi rawan kecelakaan. Apalagi jika dibandingkan dengan negara lain yang sudah mengizinkan, terdapat perbedaan culture atau budaya berlalu lintas antara Indonesia dan negara lain. Namun Rian mengatakan setiap pemoge yang diperbolehkan lewat tol harus mendapatkan sertifikasi dan izin dari pimpinan group.

"Itu bukan suatu alasan lagi, setiap yang masuk tol sudah mendapat sertifikasi dari ketuanya, jadi tidak sembarang bisa masuk tol, harus ada sertifikat safety riding-nya gitu," kata dia.



Simak Video "Moge Enggak Boleh Masuk Tol, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT