Ini Dia Motor Buat Ujian Praktik SIM CI, Harganya Rp 167,75 Juta

ADVERTISEMENT

Ini Dia Motor Buat Ujian Praktik SIM CI, Harganya Rp 167,75 Juta

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 06 Jan 2023 08:10 WIB
Motor ujian praktik SIM CI
Hunter Scrambler SK500 untuk ujian SIM CI. Foto: Hunter Motorcycles Indonesia
Jakarta -

Polisi bakal menerbitkan SIM C sesuai dengan golongan dan kapasitas kendaraan. Sebelumnya, pengendara motor jenis apapun hanya menggunakan satu jenis SIM C. Akan ada tiga penggolongan SIM untuk pengendara motor tersebut yaitu C, CI, dan CII.

SIM C, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

SIM CI, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

SIM CII, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Pemotor yang ingin mendapatkan SIM CI, harus lebih dulu memiliki SIM C dan telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM C tersebut diterbitkan. Pemohon SIM CI juga bakal diuji dengan jenis motor yang berbeda. Mengutip CNNIndonesia, Korlantas Polri diketahui telah menyiapkan unit motor Hunter Scrambler SK500 untuk ujian praktik SIM CI.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Yusri Yunus membenarkan informasi soal Scrambler SK500. Yusri menjelaskan motor tersebut saat ini sudah tersedia sebanyak 32 unit.

"32 (unit). Soalnya permasalahannya kan anggaran, sementara satpas ada 468 satpas," ujar Yusri.

Motor ini punya harga yang cukup fantastis. Mengutip laman Hunter Motorcycles Indonesia, Hunter Scrambler SK500 dibanderol Rp 166,75 juta. Untuk itu, Yusri menegaskan bahwa pihaknya masih menyediakan motor uji SIM CI itu terbatas.

"Beli motor 250 cc sampai 500 cc itu kan mahal sekali, sementara prioritas saya satu satpas minimal dua. Jadi skala prioritas dulu, nanti bertahap," beber Yusri.

Sedangkan untuk motor pengujian SIM CII kata Yusri belum dianggarkan. Setidaknya unit motor uji SIM CII itu baru tersedia satu tahun lagi.



Simak Video "Korlantas Polri Ungkap Alasan Tes SIM C Harus Putari Angka 8"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT