Tahun 2023 Bakal Banyak Bermunculan Motor Listrik, Termasuk Motor Ini

ADVERTISEMENT

Tahun 2023 Bakal Banyak Bermunculan Motor Listrik, Termasuk Motor Ini

Tim detikOto - detikOto
Senin, 02 Jan 2023 19:59 WIB
Skuter listrik Fantic asal Italia
Skuter listrik Fantic Foto: dok. Motorcyclenews
Jakarta -

Akhirnya tahun 2023 datang dengan nuansa baru yang diharapkan menjadi tahun yang lebih baik dibandingkan 2022. Terlepas dari hal tersebut, tahun 2023 akan menjadi momen bagi kendaraan listrik. Bahkan bisa dipastikan pilihan kendaraan listrik baru termasuk motor listrik bakal ikut hadir.

Seperti motor listrik Fantic yang menyatakan akan resmi diperkenalkan tahun 2023 ini, seperti dikutip motorcyclenews. Tapi Fantic ini motor listrik dari mana ya?

Usut punya usut, perusahaan motor ini bukanlah pemain baru karena Fantic Motor sendiri asal Barzago Italia ini telah berdiri sejak tahun 1968. Kini Fantic menyatakan akan ikut bersaing dalam persaingan motor listrik.

Fantic kembali memperkenalkan dua skuter listrik terbaru yang disapa L1 dan L2 Configurations. Dijelaskan kedua skuter listrik ini merupakan turunan Issimo yang sudah diperkenalkan pada ajang EICMA 2022 Italia kemarin. Motor listrik L1 dan L2 Configurations ini besar kemungkinan akan mulai dijual tahun depan.

[Gambas:Youtube]



Electric memiliki motor listrik yang mampu menyemburkan 4bhp yang ditempatkan dalam sasis teralis paduan aluminium yang dapat mendorong skuter ke kecepatan tertinggi 27 mph atau mampu menyemburkan 43 km/jam untuk L1 , atau 40 mph atau 64 km/jam untuk konfigurasi L2.

Pasti banyak bingung, kok pelan banget. Yup hal ini memang bukan tanpa lasan, karena skuter listrik ini memang diperuntukkan untuk urban city atau cocok untuk diperuntukan di dalam kota.

Soal baterai, motor listrik ini menggendong baterai dengan berat 12 kg menghasilkan tenaga hingga 2.2kWh, namun memiliki opsi untuk dimodifikasi. Sayangnya, tidak dijelaskan tidak ada data rentang atau waktu pengisian daya yang telah dikonfirmasi untuk memenuhi full baterai. Soal keamanan, dijelaskan sistem pengereman datang dalam bentuk cakram bulat dengan diameter 220mm depan dan cakram berukuran 180 mm di belakang.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT