Bedah Performa Skuter Listrik Yamaha Neo yang Punya Torsi Setara Avanza

ADVERTISEMENT

Bedah Performa Skuter Listrik Yamaha Neo yang Punya Torsi Setara Avanza

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 02 Jan 2023 12:33 WIB
Motor listrik Yamaha Neo
Skuter listrik Yamaha Neo punya torsi hingga 138,3 Nm. (Foto: Dok. Yamaha Vietnam)
Jakarta -

Skuter listrik Yamaha Neo meluncur di Vietnam dengan harga mencapai Rp 32 jutaan. Salah satu aspek menarik motor ini adalah dari segi performa, di mana ia punya torsi sangat besar, bahkan setara torsi mobil LMPV, Toyota Avanza.

Seperti dikutip website resmi Yamaha Vietnam, Yamaha Neo dibekali mesin listrik YIPU (Yamaha Integrated Power Unit) generasi kedua yang secara eksklusif dikembangkan untuk Yamaha Neo. Motor listrik ini memiliki spesifikasi brushless atau biasa disebut BLDC (Brush Less Direct Current).

Motor listrik Yamaha NeoMotor listrik Yamaha Neo Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Mesin listrik ini menggunakan sistem pendingin udara dan sudah didesain sedemikian rupa untuk meminimalkan hilangnya energi kinetik (gerak). Mesin listrik Neo dirancang khusus untuk menghasilkan torsi tinggi pada rpm rendah untuk pengendaraan yang smooth (mulus).

Mesin listrik YIPU 2 memiliki kapasitas tenaga 2 kW. Sementara torsinya sangat besar dan bisa didapat di putaran mesin yang sangat rendah, yaitu 138,3 Nm di 40 rpm. Jika dibandingkan dengan torsi Toyota Avanza, torsi Yamaha Neo ternyata sedikit lebih besar.

Di atas kertas, Toyota Avanza memiliki torsi maksimum di angka 14 kgm atau setara 137,2 Nm yang bisa didapatkan di rentang 4.200 rpm. Sementara untuk tenaga Avanza ada di kisaran 106 PS pada 6.000 rpm.

Kembali ke Yamaha Neo, motor ini memakai baterai 51,1 V, 23,2 Ah berjenis Lithium-ion/BFM1. Baterai tersebut bisa diisi penuh dalam waktu 8 jam. Menariknya, baterai ini bisa dilepas-pasang dengan mudah.

Soal performa, baterai ini bisa menempuh jarak hingga 72 km, dengan catatan kecepatannya konstan 30 km/jam dan bobot pengemudinya 75 kg. Jarak tempuh itu nantinya bisa diekspansi karena skutik ini dibekali opsi dua baterai tambahan yang dipasang secara portabel di bawah jok.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT