Begini Tanggapan Produsen Motor Listrik Lokal soal Subsidi Rp 6,5 Juta

ADVERTISEMENT

Begini Tanggapan Produsen Motor Listrik Lokal soal Subsidi Rp 6,5 Juta

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Kamis, 01 Des 2022 14:18 WIB
First Handover ALVA One.
ALVA sebagai produsen motor listrik lokal setuju dengan rencana subsidi Rp 6,5 juta. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com
Jakarta -

PT Ilectra Motor Group (IMG) selaku pemegang merek ALVA di Indonesia turut menanggapi rencana pemerintah yang hendak memberikan subsidi motor listrik senilai Rp 6,5 juta mulai tahun depan. Mereka mengaku setuju dan menyambut baik rencana tersebut.

Chief Business Officer PT IMG, Putu Swaditya Yudha menilai, subsidi pemerintah tersebut bisa membuat pasar motor listrik di Indonesia tumbuh lebih cepat.

"Kami tentu saja mendukung regulasi pemerintah tersebut, apalagi tujuannya untuk subsidi electric vehicle (EV). Intinya kami support karena ini bagus untuk pasar kendaraan listrik ke depannya," ujar Putu saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

Ilectra Motor Group Resmi Membuka ALVA Experience di SCBD, Jakarta.ALVA selaku produsen motor listrik lokal setuju dengan subsidi Rp 6,5 juta. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Meski begitu, Putu menjelaskan, saat ini pihaknya belum bisa bersikap lebih jauh mengenai subsidi tersebut. Sebab, menurutnya, pemerintah belum mengurai lebih detail mengenai regulasi lengkapnya.

"Saya terus terang masih menunggu detail insentifnya seperti apa, soalnya itu juga baru keluar kan. Jadi saya harus nunggu semuanya clear. Tapi intinya kita dukung lah," kata dia.

IMG sendiri merupakan anak perusahaan pertambangan Indika Energy. IMG menjadi perusahaan lokal yang memiliki fasilitas perakitan di Cikarang, Jawa Barat untuk memproduksi motor listrik.

Sejauh ini, mereka baru mengenalkan dan menjual satu model motor listrik, yakni ALVA One. Kendaraan bergaya skuter gambot tersebut diklaim sudah terjual ribuan unit sejak pertama dikenalkan tiga bulan lalu.

Menko Luhut dalam Konferensi Pers Siap Sambut G20 yang dilihat detikBali dari Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Sabtu (12/11/2022).Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Rencana subsidi pembelian motor listrik sebelumnya diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut berharap, kebijakan tersebut bisa mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik sehingga populasinya di Indonesia semakin besar. Sejauh ini, belum ada informasi tambahan mengenai besaran insentif untuk mobil listrik.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT