Yamaha Rancang Motor yang Tak Bisa Jatuh

ADVERTISEMENT

Yamaha Rancang Motor yang Tak Bisa Jatuh

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 28 Nov 2022 07:34 WIB
Yamaha rancang motor tak bisa jatuh
Yamaha rancang motor tidak bisa jatuh Foto: Yamaha
Jakarta -

Yamaha sedang mempersiapkan sepeda motor yang tidak bisa jatuh. Teknologi canggih yang sedang dikembangkan itu bernama Advanced Motorcycle Stability Assist System (AMSAS).

Dikutip dari response dan informasi dari YouTube Yamaha, Minggu (27/11/2022), teknologi AMSAS itu masih dalam tahap pengembangan. AMSAS bisa membuat motor tetap stabil dalam kecepatan 5 km/jam atau kurang.

"Sistem pendukung stabilisasi sepeda motor ini sedang dikembangkan dengan tujuan membuat semua orang merasa aman dan nyaman dengan rasa menyatu dengan mesin. Assist technology untuk menstabilkan postur kendaraan dalam situasi di mana keterampilan mengemudi tinggi pengendara diperlukan pada kecepatan 5 km/jam atau kurang," kata Heiji Maruyama, Director and Senior Executive Officer, General Manager of Yamaha's Technology and Research Division.

Jadi sistem AMSAS bertujuan untuk membantu stabilitas pada kecepatan rendah di bawah 5 km/jam, yang pada dasarnya menciptakan sepeda motor self-balancing yang menjaga motor tetap tegak.

Dalam pengembangan AMSAS terlihat motor yang diuji ialah Yamaha R25 atau R3. Motor itu sedang melaju dalam kecepatan rendah. Ketika dites motor itu bisa berbelok sendiri tanpa terjatuh, bahkan tanpa pengemudi sekali pun.

AMSAS mendapatkan informasi secara real time dari 6-axle Inertial Measurements Unit (IMU). Teknologi IMU ini diketahui juga dipakai pada Yamaha R1.

AMSAS merupakan salah satu teknologi sistem bantuan pengendara yang sedang dikerjakan Yamaha. Pabrikan berlambang garpu tala ini sudah menetapkan target ambisius untuk mencapai nol kecelakaan sepeda motor pada tahun 2050.

Untuk mencapai target zero accident, Yamaha mengatakan, mereka menggunakan pendekatan tiga arah: mengembangkan alat bantu dan teknologi pengendara, melatih pengendara untuk meningkatkan keterampilan mereka dan menciptakan ekosistem kendaraan yang terhubung.

Seperti diketahui Yahama sudah tergabung dalam CMC atau Connected Motorcycle Consortium yang bertujuan untuk peningkatan aspek keselamatan dalam mobilitas masa depan. Para pabrikan yang tergabung dalam CMC itu di antaranya BMW Motorrad, Honda Motor Co., Ltd., KTM AG, Yamaha Motor Co. Ltd, Suzuki Motor Corporation dan Triumph Design Ltd.

CMC mengembangkan ekosistem kendaraan yang terhubung untuk memungkinkan kendaraan berkomunikasi satu sama lain dan mencegah kecelakaan. Ini akan melibatkan sejumlah besar kerjasama dan pengembangan bersama antara produsen tersebut.



Simak Video "Dijual Mulai Rp 27 Juta, Ini Wujud Cantik Yamaha Grand Filano"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT