Andai Pindah ke MotoGP Tahun Depan, Toprak Cuma Mau Bela Tim Pabrikan

ADVERTISEMENT

Andai Pindah ke MotoGP Tahun Depan, Toprak Cuma Mau Bela Tim Pabrikan

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Minggu, 27 Nov 2022 15:44 WIB
Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli
Toprak Razgatlioglu cuma mau pindah ke tim pabrikan MotoGP. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Isu kepindahan Toprak Razgatlioglu ke MotoGP sudah berhembus kencang sejak lama. Bahkan, pemberitaannya makin ramai usai dia meraih gelar juara di World Superbike atau WSBK 2021.

Saat ini, Toprak masih terikat kontrak bersama tim Yamaha WSBK hingga akhir musim 2023. Kabarnya, setelah kontrak tersebut habis, pebalap Turki tersebut diberikan kebebasan untuk memilih sendiri masa depannya, termasuk pindah ke MotoGP.

"Pada akhir musim 2023, dia akan berstatus free agent dan bebas mengambil langkahnya sendiri. Ada kemungkinan tim pabrikan di MotoGP berusaha membujuknya gabung," ujar bos Yamaha di WSBK, Paul Denning, disitat dari Motorsport, Sabtu (26/11/2022).

Toprak RazgatliogluToprak Razgatlioglu Foto: Ridwan Arifin

Beberapa waktu lalu, Toprak pernah mengatakan, seandainya jadi pindah ke MotoGP, dia hanya mau membela tim pabrikan, bukan satelit. Menurut Denning, apa yang dikatakan Toprak murni muncul dari hati, bukan taktik atau sekadar permainan kata.

"Toprak tidak pernah mengatakan hal bohong, sama sekali tidak. Jika dia mengatakan 'saya hanya mau pindah ke MotoGP dengan tim pabrikan', itu berarti bukan taktik, atau sekadar permainan (kata) belaka. Itu tandanya dia lebih memilih tetap di WSBK ketimbang harus pindah ke tim satelit di MotoGP," ungkap Denning.

Denning mengira, Toprak pasti diminati banyak tim di MotoGP. Meski demikian, dia berharap, pebalap 26 tahun tersebut pada akhirnya berlabuh ke tim pabrikan Yamaha, bukan yang lain.

"Saya harap dia mendapat kesempatan lebih untuk membuktikan dirinya memang layak mengendarai Yamaha M1. Sebab, dengan begitu, Yamaha mungkin mempertimbangkan dirinya bergabung di tim pabrikan pada musim 2024 nanti," terangnya.

Pembalap tim Aruba.It Racing-Ducati Alvaro Bautista (kiri) mencium motornya dekat pebalap tim Pata Yamaha With BRIXX Toprak Razgatlioglu (kanan) usai menyelesaikan Race 1 WSBK 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Toprak Razgatlioglu tampil dominan dan berhasil memenangi balapan pertama (Race 1) dan sekaligus balapan ke-900 bagi World Superbike (WSBK) yang berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.Toprak Razgatlioglu. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Lebih jauh, menurut Denning, Toprak merupakan aset atau tokoh ikonik di kompetisi WSBK. Itulah mengapa, saat dia pergi, bukan tak mungkin kejuaraan tersebut menjadi lebih sepi. Namun, bagaimana pun juga, dia memiliki kebebasan penuh untuk menentukan sendiri masa depannya usai kontraknya habis.

"Dia adalah aset berharga untuk kami dan kompetisi WSBK. Meski demikian, pada akhirnya dia sendiri yang menentukan jalan hidupnya usai musim 2023 berakhir," kata Denning.



Simak Video "Sangar! Ini Tunggangan Fabio Quartararo untuk MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT